Kualitas SDM di Bidang Logistik Mutlak untuk Hadapi Persaingan Global

09 / 02 / 2016 - in News

Persaingan global sudah di depan mata dan saat ini Indonseia sudah memasuki fase awal dalam persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kunci kesuksesan untuk dapat tetap berdiri tegak hadapi persaingan bebas ini bukan terletak pada ketersediaan sumber daya alam-nya melainkan dari sisi sumber daya manusia yang dimiliki negeri ini.

“Persaingan global sudah ada di depan mata. Mau tidak mau kita harus siap hadapi. Kuncinya bukan pada sumber daya alam, tetapi di sumber daya manusia,” kata Jokowi dalam siaran resmi yang dirilis Humas Sekretariat Kabinet RI (8/Feb).

Dalam konteks industri jasa layanan logistik di Tanah Air, menurut Didiet Rachmat Hidayat, dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti, Jakarta, juga dituntut daya saing dari unsur SDM agar memiliki tingkat competitiveness yang lebih tinggi hadapi MEA maupun persaingan pasar global.

Menurut Didiet, paling utama dan praktikal adalah kemampuan berbahasa Inggris. Komunikasi dalam bisnis secara internasional, salah satunya masih menggunakan bahasa inggris selain bahasa-bahasa lainnya seperti bahasa Jerman, Jepang dan Cina.

“Untuk menggali ilmu dari berbagai sumber berbahasa Inggris akan lebih mudah, jika SDM lokal punya kemampuan berbahasa inggris dengan baik,” papar pria yang juga peneliti transportasi dan logistik dari Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Trisakti ini.

Selain masalah bahasa, lajut Didiet, perusahaan jasa logistik lokal Indonesia juga perlu segera membenahi kualitas SDM dengan mengedepankan aspek edukasi. Dalam hal ini edukasi yang dimaksud adalah pendidikan formal atau akademik serta pendidikan praktisi.

“Pendidikan praktisi yang ditujukan bagi para praktisi di bidang logistik, jika dilakukan secara konsisten maka dipastikan seluruh SDM lokal Indonesia tidak akan pernah takut akan persaingan pasar global terlebih MEA,” pungkas Didiet.

Teks : Antonius S

Sumber Foto Pelindo I



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix