KTB Rayakan 46 Tahun Kiprahnya di Industri Otomotif Tanah Air

15 / 12 / 2016 - in Berita

Tepat pada tanggal 15 Desember yang jatuh pada hari Kamis ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) genap berusia 46 tahun. Di usia yang sudah menginjak kepala empat ini, KTB telah menjadi salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Tanah Air.

Menilik ke belakang, kesuksesan KTB mengawal brand Mitsubishi di Indonesia diawali dari kerja sama antara PT Krama Yudha dan Mitsubishi Corporation yang ditandai dengan penandatangan kerja sama antara Presiden Komisaris PT Krama Yudha Sjarnoebi Said dengan Chujiro Fujino dari Mitsubishi Corporation, sekaligus menandai berdirinya KTB pada tahun 1970.

Mitsubishi

Selama 46 tahun KTB telah meraih banyak sekali meraih keberhasilan dan penghargaan, baik dalam hal penjualan, produk, kontribusi kepada masyarakat dan KTB sebagai perusahaan. KTB dengan 3 (tiga) pilar penjualannya yaitu  Commercial Vehicle (CV), Commercial Light Vehicle (LCV) dan Passenger Car (PC) , sukses meraih pencapaian penjualan di masing – masing segment. Di segment CV, Mitsubishi dengan jajaran produknya yaitu : Fuso, Colt Diesel & Tractor Head, telah mencapai angka penjualan 1.132.234 unit.  Bahkan Colt Diesel, terus menjadi market leader sejak pertama kali di pasarkan pada tahun 1976 sampai saat ini dan akan mencapai angka penjualan ke 1.000.000 unit di awal tahun 2017 yang akan datang.

Pada segment LCV, Mitsubishi dengan model kendaraan Colt L300, T120ss dan Triton, saat ini telah mencapai angka penjualan 1.207.185 unit.  Bahkan, dua produk dari segment LCV yaitu Colt L300 dan Triton menjadi market leader sejak pertama kali produk ini di pasarkan di Indonesia. Colt L300, selama lebih dari 32 tahun telah menjadi market leader di kelas Small Pick Up 4×2, dan Triton  menjadi market leader di kelas Pick Up 4×4 sejak tahun 2004 sampai saat ini.

Di segment PC, KTB telah melakukan revitalisasi produk-produknya sejak tahun 2008 untuk memenuhi keinginan konsumen dan memperkuat posisinya dipasar. Dengan jajaran produknya : All New Pajero Sport, Delica, Outlander Sport & Mirage telah mencapai angka penjualan sebesar 316.658 unit. Di segment PC, All New Pajero Sport sukses dengan angka penjualan yang mencapai angka 18.370 unit sejak peluncurannya pada bulan Januari 2016.
Pajero Sport pun telah menjadi market leader di kelas Medium SUV 4×4 sejak tahun 2010 hingga saat ini, bahkan terpilih sebagai “Car of the Year 2016”.

Selain itu, KTB tidak hanya fokus pada aktifitas penjualan, namun juga terus meningkatkan layanan purna jual. Untuk itu KTB terus mengembangkan jaringan dealer Mitsubishi di Indonesia yang sampai saat ini berjumlah 253 dealer.

Sebagai bagian dari masyarakat, KTB juga menyadari pentingnya arti saling berbagi dengan sesama. Oleh karena itu melalui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) seperti We Care, We Share, Mitsubishi CSR Education Program, Rescue Car, Donor Darah, Care Mobile dan aktivitas sosial lainnya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan CSR yang telah dilakukan KTB, pada 13 Desember 2016 lalu KTB menerima Apresiasi CSR 2016 untuk Kategori Pendidikan di acara Malam Apresiasi CSR 2016.

Pada hari jadinya ini, sebagai bentuk kebersamaan seluruh karyawan KTB berfoto bersama untuk mengabadikan momen spesial ini dengan membentuk tulisan KTB 46 th. “Trima kasih kepada seluruh karyawan atas upaya dan kerja kerasnya sehingga berbagai prestasi dapat dicapai. Selama 46 tahun KTB menghadapi berbagai macam rintangan dan tantangan, hal ini tentunya menjadi pengalaman berharga untuk menghadapi masa depan yang lebih baik,” kata Hisashi Ishimaki, President Director KTB dalam keterangan resminya kepada TruckMagz, Kamis (15/Des).

 

Editor: Antonius
Foto: KTB



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix