Komponen Pengaman Sasis Truk

21 / 02 / 2017 - in Ask The Expert
IMG_9980 e

Sasis adalah tulang punggung dari truk karena sasis membawa beban body karoseri yang dipasang diatas truk. Sebagian besar truk menggunakan tipe sasis dengan side rail dan crossmember. Pada titik- titik tertentu memerlukan penguatan antara sasis truk dan sasis karoseri. Eko Siswanto, Supervisor Produksi Master Karoseri menjelaskan ada dua mounting yang umum digunakan untuk mengertakan sasis unit dan karoseri yaitu U-Bolt dan mounting bracket.

Setiap bagian rangka dari depan sampai belakang mengalami kompresi dari atas dan kontraksi di bagian bawah. Dan ada titik -titik tertentu yang netral di mana tidak ada tekanan pada rangka. Eko menambahkan maka dari itu membuat lubang dan pengelasan pada sumbu netral akan secara signifikan mempengaruhi kekuatan rangka. Lubang dan titik pengelasan dekat area tekanan dapat menyebabkan patah atau retak. “Produsen sasis sudah membuat ukuran dan lubang, untuk mencegah karoseri merubah struktur rangka dengan pengelasan dan lubang ” katanya.

Kekuatan tarik antara sasis ini menimbulkan tegangan maksimum. Karena truk membawa beban dinamis, dan beban ditanggung sepenuhnya oleh rangka dari akselerasi, pengereman, kondisi jalan. Maka dari itu tugas utama komponen penguatan ini sangat berat. Jika penguatan ini tidak sesuai petunjuk produsen maka material logam akan mengalami stres, inilah yang dapat mengakibatkan retak dan kegagalan. Berikut komponen pengaman sasis truk :

U – Bolt

Sebuah U-bolt mampu bekerja maksimal dengan beberapa keutamaan:

  • U-bolt memberikan gaya yang dibutuhkan untuk menjepit komponen terkait secara kuat. Baut ini juga digunakan pada suspensi dan axle.

  • Jika U – Bolt terpasang dengan benar, ia masih bisa memberikan efek lentur. Ini sangat penting karena sasis perlu kuat dan mampu menahan konsentrasi tekanan yang akan menyebabkan sasis retak jika longgar.

  • Mampu mencegah pergeseran horisontal yang sangat penting ketika truk membawa muatan pada jalan menanjak

  • Klem yang tepat dari U-bolt memberikan kekuatan logam yang diinginkan dan memberikan kontribusi untuk menjaga kendaraan tetap selaras dan karakteristik tumpuan untuk titik-titik vital kendaraan.

Pemasangan U-bolt harus memenuhi syarat sebagai berikut:

1) Rangka tidak boleh terdistorsi. Jika kendaraan tidak memiliki sasis jenis kotak, spacer harus dimasukkan antara side rail untuk mencegah distorsi ketika U-bolt dikencangkan. Spacer harus pada posisi aman tidak bergeser.

2) Body karoseri harus ditempatkan sejajar pada sasis belakang dan dipastikan tidak bergerak saat pengereman minimal empat titik. Lokasi titik harus berada di bagian depan dan belakang titik penguatan body karoseri .

3) Minimal gunakan tiga U-bolt per sisi sasis dengan jarak maksimum 20 cm. Pemasangan U-bolt harus :

  • Menggunakan kuncian mur.

  • Pasang U-bolt vertikal ke rangka.

  • Jangan menginstal U-bolt pada di bagian depan subframe

  • Diameter minimum U-bolt lebih dari 12 mm jika kapasitas titik sasis tonase 2 ton. Lebih dari 16 mm jika kapasistas titik sasis diatas tonase 2 ton

Mounting Bracket

Termasuk dalam mounting bracket adalah bracket bolt dan bracket plate. Penggunaan mounting bracket untuk mengamankan sub-frame lebih baik memakai kombinasi U-bolt. Tetapi jika body karoseri sangat kaku seperti tangki atau van yang tertutup, sangat disarankan spacer digunakan kombinasi dengan mounting bracket. Lalu keduanya dikencangkan dengan baut. Pemasangan mounting bracket ke rangka sasis menggunakan mur baut atau ring yang sesuai diameter baut dan bagian ini tidak boleh dilas.

Pemasangan sub-frame yang aman tidak hanya menggunakan bracket plate saja, bisa dikombinasikan dengan U-bolt. Jangan menggunakan bracket plate untuk menguatkan titik konsentrasi beban. Bracket plate juga kurang aman digunakan untuk truk tangki, amroll bak sampah, truk mixer dan beberapa truk yang beroperasi di medan berat offroad serta jalan berkelok seperti tambang dan hutan.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017