Kinerja Positif DICV Sepanjang 2015

13 / 02 / 2016 - in Berita

Daimler India Commercial Vehicles (DICV), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Daimler AG, mencatatkan kinerja positif dengan kesuksesan penjualannya sepanjang 2015. Seperti dikutip dari situs resmi DICV, penjualan domestik pabrikan truk dan bus asal Chennai, India itu meningkat sebesar 37 persen mencapai 14 ribu unit di 2015 khususnya untuk line up produk terkuatnya merek BharatBenz yang di Indonesia lebih familiar dengan Mitsubishi Fuso ini.

Setelah peluncuran produknya ke pasar domestik pada September 2012, Daimler India selaku pemilik merek truk dan bus di negeri Hindustan ini telah memerkenalkan 20 varian, dan lebih dari 30 ribu truk BharatBenz dengan jaminan value-for-money bagi pelanggannya berhasil di-deliver ke konsumen, dalam misinya mengubah segmen pasar kendaraan komersial India.

Sepanjang 2015 permintaan produk BharatBenz meningkat, terutama untuk truk kategori heavy duty yang disesuaikan buat kebutuhan pertambangan dan segmen konstruksi, seperti BharatBenz 3143 CM. Bersamaan dengan pertumbuhan penjualan domestik, perusahaan dari Daimler Trucks Asia pengekspor merek truk Fuso ini pun mencatatkan pertumbuhan ekspor secara positif.

Bagi DICV sendiri, tahun 2015 merupakan periode yang luar biasa karena beberapa pencapaian. Seperti dimulainya proses manufaktur pada pabriknya di kawasan industri Oragadam, Chennai, India untuk produk bus pariwisata mewah seharga lebih dari Rp 4 miliar, dengan staf dari BharatBenz bus dan Mercedes-Benz Super-High-Deck (SHD). Selain itu, India juga menjadi perlintasan bagi ekspor 4 juta produk yang diproduksi di India, sebagai entitas dari truk Daimler lainnya di seluruh dunia.

Kemudian di tahun yang sama DICV melakukan peluncuran gelombang kedua untuk produk truk, termasuk varian truk BharatBenz berperforma tinggi serta model tractor head. Peluncuran BharatBenz 3143 CM, untuk pertama kalinya diperkenalkan untuk pasar domestic India sebagai Super Heavy-Duty truck.

“Tahun 2015 merupakan tahun sukses bagi kami. Dengan portofolio produk truk modern, kami memiliki kekuatan lebih untuk mendukung pertumbuhan penjualan di dalam negeri India dan untuk kebutuhan ekspo. Keberhasilan ini berkat kontribusi yang sangat baik dari seluruh tim dan mitra bisnis kami,” ungkap Erich Nesselhauf, Managing Director & CEO DICV.

Prospek perusahaan untuk tahun 2016, menurut Nesselhauf, produk BharatBenz terbaru akan melanjutkan kinerja positif DICV sepanjang tahun ini, dan pihaknya akan terus berkomitmen untuk secara berkelanjutan mengembangkan bisnis sebagai bagian dari misi Daimler Trucks Asia. “Pada saat yang sama, truk Fuso buatan India akan memainkan peran kunci dalam membuka pertumbuhan pasar yang penting di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin,” tutupnya.

Teks : Antonius S

Foto : BharatBenz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix