Kereta Api Logistik Segera Hidupkan Relasi JICT-CDP

27 / 02 / 2016 - in Berita

Fasilitas angkutan intermoda menggunakan dua atau lebih moda transportasi dalam satu rangkaian pengiriman barang yang sudah sejak lama diterapkan di negara-negara maju, saat ini sudah diujicoba aktifasinya oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama PT Kereta Api Logistik (anak usaha KAI) dan PT Jakarta International Container Terminal (JICT).

Uji coba pengoperasian kereta api barang ini ditujukan untuk menghubungkan (relasi) terminal peti kemas pelabuhan Tanjung Priok Jakarta di bawah kendali JICT, dengan pusat logistik berikat Cikarang Dry Port (CDP) Jawa Barat di bawah pengelolaan PT Cikarang Inland Port.

Menurut Sugeng Priyono, Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Api Logistik, secara umum kesiapan kereta api pelabuhan JICT sudah mencapai 95 persen. Uji coba pengoperasian jalur relasi ini tinggal menunggu penyelesaian infrastruktur dan fasilitas pendukungnya saja, guna melakukan salah satu prosedur dalam evaluasi kesiapan seluruh sarana dan prasarana fasilitas angkutan intermoda ini. “KA Logistik menyatakan kesiapannya dalam menjalankan kereta api pelabuhan baik angkutan maupun pengelolaan emplasemen serta kegiatan bongkar muat,” kata Sugeng dalam keterangan tertulisnya.

Uji coba proyek kereta api logistik milik KAI yang diperkirakan telah menelan dana hingga Rp 50 miliar ini, dijajal mengoperasikan rangkaian 10 gerbong datar dengan 18 kontainer berukuran 20 feet, atau setara 18 TEUs (Twenty-foot Equivalent Units). Rangkaian diberangkatkan melalui Stasiun Pasoso menuju kawasan JICT. Stasiun Pasoso sendiri sejatinya merupakan Depo Pertamina Cilincing yang sudah ditutup sejak tahun 1990-an.

Saat operasional nanti, kereta api logistik ini akan diberdayakan untuk mengangkut 30 gerbong datar dari JICT menuju CDP dengan stamformasi 30 GD. “Untuk tahap awal dua rangkaian kereta api akan dioperasikan setiap hari, untuk perjalanan pulang pergi (PP) atau sekitar 200 TEUs dari kapasitas sebanyak 620 TEUs,” jelas Sugeng.

Teks : Antonius S

Sumber foto : Istimewa



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix