Kemenhub Minta HPPI Bantu Tingkatkan Kompetensi Pengemudi

06 / 11 / 2019 - in News

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyarankan organisasi atau wadah yang menaungi profesi pengemudi, agar menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat). Sinergi keduanya diperlukan demi peningkatan kompetensi berkendara sekaligus menekan kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengemudi.

Saran ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi saat menerima audiensi pengurus Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (HPPI) beberapa waktu lalu.

”Pertemuan dengan Pak Dirjen membuahkan hasil agar kita bersama lembaga diklat membuat suatu konsorsium atau konfederasi. Membuat lembaga pelatihan guna mensejahterakan pengemudi,” kata Eddy Suzendi, Ketua Umum HPPI.

Menurut Eddy, Kemenhub memiliki visi yang sama dengan HPPI di mana perlu adanya upaya peningkatan kompetensi pengemudi. Tujuannya tak lain untuk mensejahterakan dan memberikan perlindungan profesi.

“HPPI sebagai organiasi profesi pengemudi satu-satunya sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM siap menjadi wadah pengemudi. Kita tahu banyak yang mengatasnamakan pengemudi namun secara legal formal belum berbadan hukum. Oleh karena itu kita mengajak semua pengemudi baik angkutan barang dan penumpang bersatu dalam wadah HPPI,” ujarnya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. HPPI



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix