Kemenhub Bangun Terminal Multipurpose Rp172,8 Miliar di Labuan Bajo

30 / 07 / 2020 - in Berita

Kementerian  Perhubungan (Kemenhub) memastikan pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu senilai Rp172,8 miliar akan segera dimulai sebagai salah satu upaya revitalisasi Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).Teriminal ini akan diperuntukan untuk lalu lintas logistik dan bongkar muat kontainer, kargo, serta curah cair.

Sehingga akan memisahkan aktivitas pariwisata dan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Labuan Bajo.”Dengan pemindahan kegiatan logistik ke teriminal multipurpose ini, Pelabuhan Labuan Bajo akan direvitalisasi dan dikhususkan bagi kapal-kapal wisata dan kapal penumpang Pelni,”kata Agus, H. Purnomo, Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub dalam siaran pers (30/7).

Adapun, Surat Perjanjian Kontrak Kerja Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu telah ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo Bram Haribowo dan General Manager Divisi 3 PT Brantas Abipraya (Persero), Dody Purbawanto.

Agus mengatakan, revitalisasi Pelabuhan Labuan Bajo sangat penting dilakukan. Hal ini sekaligus merupakan upaya pemerintah membenahi kawasan wisata Labuan Bajo agar lebih menarik minat wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal ke depan.

Nantinya, ruang lingkup pekerjaan terdiri dari reklamasi lapangan penumpukan, pembangunan causeway, trestle support pipa curah cair, dermaga dan pekerjaan pembangunan fasilitas darat. Adapun masa pelaksanaan kontrak terhitung sejak tanggal penandatanganan kontrak sampai dengan masa pemeliharaan berakhir.

Teks: Abdul

Foto: PUPR



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix