Kegagalan Fungsi Rem Sumbang Angka Kecelakaan Truk

05 / 01 / 2018 - in News
Kecelakaan Truk

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan, keterlibatan bus dan truk dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 2014 sebesar 3 persen dan 13 persen. Tingginya fatalitas akibat kecelakaan angkutan umum mengikis citra dan mengancam bisnis. Khusus untuk kecelakaan yang melibatkan truk, faktor pelanggaran berkontribusi dalam terjadinya kecelakaan.

Faktor pelanggaran tersebut meliputi unsur administrasi sebanyak 835 pelanggaran, teknis utama 1.440 pelanggaran dan unsur penunjang 161 pelanggaran. Pelanggaran dari unsur teknis utama mendominasi angka pelanggaran hampir 60 persen dari jumlah yang ada. Salah satunya akibat kegagalan fungsi rem yang disebabkan banyak faktor di antaranya muatan berlebih.

“Kegagalan fungsi rem terus berulang serta masih terdapatnya hazard atau kondisi yang membahayakan operasional mobil barang,” kata Soerjanto Tjahjono, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam focus group discussion yang mengangkat tema Kegagalan Sistem Pengereman pada Angkutan Umum, auditorium Pelni, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam acara terebut KNKT merilis rekomendasi ke berbagai pihak terkait kecelakaan angkutan umum yang terjadi di Ciloto, Bawen Kabupaten Semarang, Karangploso Malang, dan Kebumen. Dari empat kecelakaan itu ditemukan penyebab utamanya terkait dengan sistem pengereman yang tidak berfungsi sempurna.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Ilustrasi: Istimewa



Related Articles

Sponsors

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

327-x-300 (1)

1cemat-banner300-80-cn 

327p-x-300p

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel