Karoseri Ini Sebelumnya Pakai HydroPen Kini Andalkan Parker

23 / 03 / 2018 - in News, Products

Bicara soal truk, tidak bisa dilepaskan dari karoserinya yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam industri otomotif di segmen kendaraan dengan GVW 5 ton ke atas ini. Pada pameran Indonesia International Bus and Truck (IIBT), 22-24 Maret 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa karoseri yang tergabung dalam Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) memanfaatkan momen tahunan ini untuk berbagi info terkait produk karoserinya.

Salah satu pemain karoseri truk, PT Mitra Toyotaka Indonesia (MTI), memamerkan dua model produk unggulannya tahun ini, yakni wingbox dan concrete mixer. Secara kasatmata, produk karoseri wingbox yang dihadirkannya terlihat tidak ada yang berbeda dari versi-versi sebelumnya. Tetapi saat ditilik, ternyata ada yang berbeda secara teknis.

Karoseri wingbox bikinan Balaraja, Tangerang ini mengalami improvement pada bagian hidroliknya, yang sebelumnya menggunakan produk hidrolik dari HydroPen (Jerman) dan sekarang pakai HPU atau hydraulic power unit dari produk Parker dari Amerika Serikat. Apa sih keunggulannya dibandingkan produk sebelumnya? Menurut General Manager MTI Susbiyantoro, produk hidrolik baru yang digunakannya lebih presisi dibanding produk sebelumnya.

“Kalau menggunakan HydroPen tidak bisa mensetting sesuai standar, karena komponen power pack (HPU) dengan hosing (slang) tidak satu merek. Dari negara pembuatnya sendiri hanya menjual HPU-nya saja, mereka tidak menjualnya satu set dan komponen lain dijual terpisah sehingga mereknya bisa bermacam-macam. Hal ini membuat sistemnya tidak bisa dibikin standar,” kata Susbiyantoro saat berbincang dengan TruckMagz  di booth Mitra Toyotaka Indonesia, Kamis (22/Maret/2018).

Parker power pack_TruckMagz
Parker hydraulic power unit

Sedangkan pada sistem hidrolik dari Parker, kata Susbiyantoro, seluruh komponennya sudah disediakan oleh pabrikan yang berdiri sejak 1917 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat itu. Mulai dari HPU, power pack, hosing, fitting, hingga flow control tersedia semua.

“Untuk operasionalnya, memang secara fungsi tetap sama hanya yang membedakannya untuk risiko kebocoran pada sistem hidroliknya lebih kecil menggunakan produk dengan satu brand. Kami sudah melakukan trial-error, hasilnya kebocoran sudah tidak terjadi lagi. Sementara dulu yang menggunakan HydroPen, karena beberapa komponennya tidak satu merek, itu sering mengalami kebocoran seperti di bagian fitting-nya, flow control, dan pada silinder hidroliknya,” ujar Susbiyantoro.

Terkait layanan after sales, MTI menggaransi jika terjadi kerusakan pada sistem hidroliknya selama satu tahun, “Karena sistem hidrolik Parker ini yang menjual hanya kami di Indonesia, sehingga kalau terjadi kerusakan customer hanya bisa membeli suku cadangnya dari MTI. Tetapi untuk pemasangannya bisa kami berikan arahan jika customer mau memasangnya sendiri.

Secara umum, karoseri wingbox ini tidak banyak berubah dari versi sebelumnya, namun materialnya mendapat perubahan. “Untuk material wingbox-nya sendiri yang sebelumnya pakai produk Zincalume yaitu baja lapis zinc/aluminium, sekarang menggunakan material Galvanis. Secara kekuatan itu sama, tidak ada yang berubah. Perubahan ini lebih kepada spesifikasinya saja, kalau dulu Zincalume kita pakai yang tebalnya 0,5 mm, tetapi sekarang material Galvanis yang dipakai tebalnya 0,7 mm,” kata Susbiyantoro.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 

 

 



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix