Kanal CBL untuk Pangkas Kemacetan di Tol Bekasi-Jakarta

08 / 10 / 2018 - in News
Kanal CBL

Pemerintah Indonesia menargetkan pembangunan Kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) sebagai alternatif angkutan logistik untuk mengurangi kepadatan di jalan raya dapat terealisasi tahun ini. Mengingat CBL menjadi salah satu proyek strategis nasional, maka pengerjaannya pun melibatkan stakeholders terkait di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan.

Menurut Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono R. Irianto, pembangunan secara fisik proyek CBL ini akan dikerjakan bersama antara Pelindo II, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Proyek Kanal CBL memiliki total panjang sekitar 25 km. Pengerjaannya akan mencakup peninggian beberapa jembatan yang melintas dan pengerukan kanal, termasuk konstruksi terminal inland waterways di sekitar kawasan industri Cikarang,” kata Irianto di Jakarta, Senin (8/Okt/2018).

Kanal CBL sejatinya ditujukan untuk memindahkan beban angkutan logistik dengan truk yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, terutama untuk mengurangi kemacetan di jalur tol Bekasi-Jakarta dan sebaliknya. Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dominasi angkutan darat untuk logistik menjadi salah satu dasar urgensi pembangunan CBL.

“Lebih dari 90 persen angkutan logistik berbasis jalan raya. Hal ini membuat tingkat kemacetan di jalan raya menjadi cukup tinggi, dan adanya ketidakpastian barang logistik dapat sampai tepat waktu membuat harga barang menjadi mahal,” kata Menhub beberapa waktu lalu.

Irianto mengatakan, proyek Kanal CBL merupakan upaya optimalisasi alur sungai untuk menghubungkan pelabuhan Tanjung Priok, dengan memanfaatkan angkutan sungai seperti kapal tongkang sebagai alternatif moda transportasi barang. “Ini diharapkan dapat mengurangi kongesti jalan di darat sehingga akan berdampak pada efisiensi waktu dan biaya,” ujarnya.

Menteri Budi menambahkan, angkutan sungai atau inland waterways punya potensi cukup baik ke depannya. “Moda transportasi ini memiliki kelebihan, yaitu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan transportasi jalan raya,” katanya.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Pelindo



Related Articles

Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel