Kanal CBL akan Tersambung dengan Tol Laut

16 / 11 / 2017 - in News

Proyek kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) terus dikawal oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang ditunjuk sebagai operator tengah melakukan penyeselesaian studi dan perizinan. Salah satunya menunggu Peraturan Presiden terkait penugasan Pelindo II sebagai operator masih dalam proses pembahasan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam perkembangannya, telah dilakukan pembahasan rancangan Perpres pada Kemenko Perekonomian pada tanggal 24 Februari 2017 lalu.  Pembahasan selanjutnya menunggu kejelasan dari Kementerian Perhubungan terkait usulan untuk memasukkan rencana Pembangunan Inland Waterways dan Inland Terminal Cikarang Bekasi Laut (CBL) ke dalam revisi Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok.

“Proyek ini masuk menjadi program infrastruktur jangka menengah dalam konsep integrasi pengembangan wilayah dan tol laut yang diharapkan bisa dilakukan percepatan. Jadi bagian pemanfaatan tol laut  yang akan menjadi salah satu opsi yang berbasis sea base dengan menggunakan kapal Ro-Ro yang akan melalui jalur Inland Waterways CBL,” jelas Bambang Prihartono, Kepala  Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek yang diwawancara beberapa waktu lalu.

Terkait perizinan, Pelindo II telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah ditandatangi pada 28 April 2017 lalu. Terkait tata ruang, pihak Pelindo II telah memperoleh Surat Rekomendasi terkait izin lingkungan dari Bupati Kabupaten Bekasi, tinggal menunggu izin pemanfaatan kanal yang kini dalam proses kajian teknis sebagai persyaratan Rekomendasi Teknis.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix