Kamadjaja Logistics Terima Sertifikat AEO

30 / 01 / 2016 - in News

Penganugerahan sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dari Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, telah dilangsungkan di acara Hari Pabean Internasional ke-64 beberapa waktu lalu di Jakarta. Peluncuran sistem AEO ini juga sebagai langkah untuk memudahkan prosedur pengiriman barang ekspor-impor dengan biaya logistik serendah mungkin.

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro menyerahkan langsung sertifikat AEO kepada 18 perusahaan di Indonesia termasuk PT Pusaka Lintas Samudra yang merupakan anak perusahaan dari Kamadjaja Logistics Group, di kantor pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Sertifikat AEO diberikan kepada perusahaan yang telah memenuhi standar pengamanan dan fasilitas perdagangan global (WCO SAFE Framework of Standards/FoS), yaitu fasilitas perdagangan internasional yang mendapat pengakuan oleh dan atas nama administrasi kepabeanan nasional.

Melalui sistem AEO ini, setiap perusahaan di Indonesia dapat lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan pelayanan transaksi ekspor-impor antar perusahaan di negara lain yang sudah terapkan sistem AEO ini.

“Dengan sertifikasi AEO ini kami sebagai penyedia jasa kepabeanan berharap bisa lebih mudah dan efisien dalam pelayanan transaksi ekspor dan impor. Apalagi dengan berlakunya MEA 2016 saat ini. Sehingga pada akhirnya biaya logistik di Indonesia dapat lebih ditekan lagi,” jelas Ivy Kamadjaja, Deputy CEO Kamadjaja Logistics.

Bagi klien perusahaan akan diuntungkan dengan sistem AEO lantaran akan mempercepat proses barang keluar tanpa melewati tahapan penelitian dokumen dan/atau pemeriksaan fisik, pengurusan barang di kepabeanan bisa dipersingkat dalam hitungan menit, mempersingkat waktu transit sehingga mengurangi biaya penumpukan, mempercepat akses informasi yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan yang sudah terapkan sistem AEO serta memperlancar arus sirkulasi barang.

Selain itu, bagi perusahaan yang memiliki sertifikat AEO akan mendapatkan pelayanan khusus jika terjadi gangguan perdagangan serta ancaman yang meningkat. Disamping itu, akan mendapat prioritas penyederhanaan sistem dan prosedur kepabeanan dan diakui oleh mitra dagang di Indonesia. Dan yang lebih utama, perusahaan Indonesia akan lebih mudah diterima di negara tujuan ekspor karena dokumen kepabeanan sudah berstandar internasional.

Teks : Antonius S

Foto : Dokumentasi PT Kamadjaja Logistics



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix