Jasa Marga Fokus Pencegahan Guna Tekan Fatalitas

21 / 11 / 2019 - in News

Sosialisasi bertajuk ‘Menuju Zero ODOL di Jalan Tol’ yang digagas PT Jasa Marga berlanjut di Rest Area Tol Cipularang, KM 88, Jawa Barat. Kali ini sebagai pembicara dihadiri AKBP Dedi Suhartono, Kepala Sie PJR Korlantas Polri – Joko Kusnanto, Kepala Sie Rancang Bangun, Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Hudat dan Pratomo Bimawan Putra, General Manager Cabang Purbaleunyi PT Jasa Marga.

“Dari 13 ruas Tol yang dikelola Jasa Marga sekitar 46 persen kecelakaan yang terjadi melibatkan kendaraan non golongan I. Jumlahnya signifikan sekali sebenarnya, bahkan sekitar 30 persenya terindikasi melanggar overloading dan overdimens,” kata Pratomo Bimawan Putra, General Manager Cabang Purbaleunyi PT Jasa Marga.

Pratomo berharap lewat sosialisasi hari kedua ini dapat memberi kesadaran bagi para pengusaha angkutan agar taat aturan. Mengingat catatan Jasa Marga, pelanggaran ODOL berkontribusi terhadap terjadinya kecelakaan yang berakibat fatalitas. Terutama untuk jenis kecelakaan tabrak belakang yang cendrung didominasi kendaraan angkutan barang.

“Kami sangat memiliki perhatian penuh terhadap keselamatan, apalagi setelah terjadinya kecelakaan truk tanah beberapa waktu lali di tol Cipularang. Dari kejadian tersebut Jasa Marga berusaha melakukan terobosan dalam hal pencegahan agar tidak terulang kembali. Seperti penambahan emergency exit lamp,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga akan memasang roller barrier guna menghindari benturan keras terhadap kendaraan, sehingga dapat mengurangi fatalitas. Ditambah lagi penambahan lampu penerangan di lokasi yang rawan dan seringkali terjadi kecelakaan. Kemudian pada Desember 2019 ini akan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi melakukan audit keselamatan bersama.

Teks: Abdul
Foto: Anton



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix