Jasa Marga Ajak Pengusaha Truk Perangi ODOL

20 / 11 / 2019 - in News

PT Jasa Marga di hadapan sekitar 82 pengusaha angkutan barang taat aturan terkait batasan muatan barang di Rest Area Tol Cikampek, KM 38, Jawa Barat. Dikemas dalam sebuah diskusi, acara ini merupakan upaya solisasi bertajuk ‘Menuju Zero ODOL di Jalan Tol’.

Beberapa pembicara dihadirkan di antaranya, Wahyudi Mandala Putra, Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Bina Marga. Dewanto Purnachandra Kasubdit Uji Tipe Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat dan Agita Widjajanto Anggota Badan Pengelola Jalan Tol.

Ditambah dari pihak Kepolisian yang diwakili oleh Kombes Bambang Sentor, Kadenwal PJR Korlantas Polri dan Rio Octaviano, Badan Kehormatan Road Safety Asociations. Sementara dari pihak Jasa Marga diwakili oleh Subakti Syukur, Direktur Operasi Jasa Marga,

“Acara ini merupakan bagian dari MOU penanganan pelanggaran di jalan Tol pada 12 November 2019 lalu. Bersama Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BPJT (Badan Pengelola Jalan Tol) dan Korlantas Polri. Nantinya lanjutan dari MOU tersebut akan ada hal-hal teknis yang kita kerjakan bersama,”ujar Subakti Syukur, Direktur Operasi Jasa Marga.

Ia menambahkan, berdasarkan temuan Jasa Marga, penyebab overloading dan overdimensi yang tertinggi merupakan truk tanah dan truk tangki air. Kerugian Jasa Marga karena ODOL selama lima tahun terakhir diperkirakan sebanyak Rp. 5 triliun. Untuk itu dalam hal pencegahan Jasa Marga akan memasangkan alat timbang muatan di 14 titik ruas jalan tol.

Menanggapi hal itu, Dewanto Purnachandra, Kasubdit Uji Tipe Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat mengatakan, pihaknya akan memperketat dari tiga aspek. Mulai dari pada tahap Uji Tipe, Uji KIR, kemudian semakin menggalakkan jembatan timbang di jalan arteri maupun jalan tol.

Tidak optimalnya pemberantasan ODOL juga dipengaruhi pemasaran yang salah oleh diler truk. Di mana pihak pemasar atau diler menjanjikan bahwa produk kendaraannya bisa memuat banyak, padahal sebenarnya itu sudah ODOL. Untuk itu kita sudah kumpulkan para APM guna bisa menertibkan para dilernya yang nakal,” tambahnya.

Teks dan foto : Abdul

 



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix