Jajaran Truk Fuso di Tokyo Motor Show 2019

28 / 10 / 2019 - in News

Tokyo Motor Show 2019

Pameran otomotif skala dunia, Tokyo Motor Show ke-46 diramaikan oleh beberapa merek kendaraan penumpang, kendaraan komersial, karoseri, sepeda motor, suku cadang, mesin dan peralatan, serta layanan terkait mobilitas. Dari kategori kendaraan komersial, Mitsubishi Fuso hadir mengusung filosofi Challenge the Changes (Menantang Perubahan).

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di bawah naungan Daimler Truck Asia (DTA), menghadirkan truk konsep dengan energi fuel-cell, yakni Vision F-Cell dan sekaligus sebagai world premiere-nya. Selain itu, MFTBC juga memamerkan Super Great model 2019, serta kendaraan niaga seri pertama di Jepang berstandar SAE (Society Automotive Engineers) Level 2.

Tokyo Motor Show 2019
Vision F-Cell

Vision F-Cell merupakan truk konsep elektrik yang menggunakan energi fuel-cell. Truk kategori light-duty ini menjadi salah satu opsi untuk memperluas jajaran kendaraan elektrik Mitsubishi Fuso. Truk konsep ini merupakan model yang dapat dikendarai sepenuhnya, dan MFTBC telah mengeksplorasi teknologi fuel-cell untuk digunakan di kendaraan Mitsubishi Fuso.

Seperti diketahui, Mitsubishi Fuso merupakan pabrikan yang pertama kali meluncurkan truk elektrik yang diproduksi secara massal dalam skala kecil pada 2017, yaitu eCanter. Sejak saat itu, lebih dari 140 eCanter telah dikirimkan kepada konsumen di Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

F-Cell yang memiliki GVW (gross vehicle weight) 7,5 ton ini punya tenaga motor maksimum 135 kW (183 PS), dengan daya kontinu maksimum menggunakan fuel-cell sebesar 75 kW/101 PS + 135 kW/183 PS (3 HV battery). Truk konsep bertenaga baterai ini diklaim mampu menempuh jarak tempuh dengan estimasi  270-300 km, dan penyimpanan energinya sebesar 13,8-40 kWh (HV battery) + 5-10 Kg H2 @ 70MPa (3-4 tanks).

Tokyo Motor Show 2019
Super Great model 2019

Model lainnya yang dipamerkan MFTBC adalah varian Super Great model 2019. Truk heavy-duty ini merupakan truk pertama di Jepang yang menggunakan teknologi kemudi otomatis berstandar SAE (Society Automotive Engineers) Level 2. Teknologi ini bekerja melalui penggerak roda kemudi, akselerator dan rem otomatis, serta dilengkapi dengan berbagai teknologi asistansi pengemudi, sehingga beban pengemudi akan berkurang dan meningkatkan keamanan berkendara.

New Super Great dibekali mesin 6R20 (T3) kapasitas 10.7 L yang menghasilkan power maksimum 290 kW (394 PS) pada putaran mesin 1.600 rpm, serta torsi maksimum 2.000 Nm di putaran 1.100 rpm. Truk ini juga dilengkapi dengan transmisi Shift Pilot 12-speed, serta air suspension di bagian suspensi belakangnya.

Mitsubishi Fuso juga memajang truk untuk kebutuhan rescue (pertolongan) mengingat Jepang merupakan negara rawan bencana alam, seperti tsunami dan gempa bumi.  Truk light-duty 4×4 dengan spesifikasi rescue truck ini bernama Athena yang dikembangkan bersama dengan Universitas Kokushikan, di mana kendaraan ini akan digunakan untuk situasi dan evakuasi bencana. Kendaraan ini dikembangkan dari truk light-duty Fuso berpenggerak empat roda.

 

 

Athena

 

 

Editor: Antonius
Foto: KTB, TMS

 



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix