Jagat Singh dan Nagarjuna A Kampiun di Seri 3 T1 Prima Truck Racing Championship

21 / 03 / 2016 - in Berita

Pebalap truk asal India, Jagat Singh dan Nagarjuna A, berhasil mengukir sejarah dalam kompetisi balap truk di India. Kedua pebalap ini keluar sebagai kampiun pada balapan perdananya di kompetisi T1 Prima Truck Racing Championship (PTRC) seri 3, yang diselenggarakan khusus bagi pengemudi truk.

T1 Prima Truck Racing Championship terselenggara berkat promotor racing events MMSC (Madras motor Sports Club), kejuaraan ini sudah tercatat dalam kalender FIA (Federation Internationale de l’Automobile) serta FMSCI (Federasi Motor Sports Clubs of India), dengan standar keselamatan dan kinerja tinggi sesuai standardisasi dari BTRA (British Truck Racing Association) yang berpengalaman mencetak driver truk terbaik di Inggris dan Eropa untuk bersaing di kejuaraan T1 ini.

Bersaing dalam kategori Super Class yang terdiri dari beberapa driver profesional, kedua pengemudi truk ini dipilih melalui salah satu program pelatihan dan seleksi paling bergengsi selama tiga bulan bagi driver truk asal India. Pelatihannya sendiri dilatih oleh Moma, salah seorang instruktur balap terbaik di India.

Ajang T1 Prima Truck Racing Championship seri 3 berhasil menyedot animo penonton hingga lebih dari 50.000 orang, dengan tropi Heroes of the Highways yang berhadiah uang tunai dengan nilai tertinggi untuk even balap yang pernah diadakan di India, dan diberikan kepada masing-masing pemenang pertama untuk kategori Super Class.

Untuk kategori Pro Class, diisi para pebalap truk internasional seperti David Jenkins dari Tim Tata Technologies yang berhasil menjadi pemenang, disusul Rick Collett dan Graham Powell dari tim Tata Cummins masing-masing di posisi kedua dan ketiga. Sebelumnya pemimpin lomba di 8 lap pertama, Mat Summerfield dari tim Castrol Vecton, mencatat waktu tercepat 1:50:691 detik pada race kedua.

Kontestan asal India terdiri dari 12 pebalap yang terpilih pada T1 Prima Truck Racing Championship Seri 3 yaitu Nagarjuna A, Bacchu Singh, Rabinder Yadav, Bhag Chand, Rajkumar Mahato, Jitendra Singh, MD Parvez, Jagat Singh, Anand, Mohd. Iliyas, Malkeet Singh, dan Syed Akram Pasha.

Pada Seri 3 ini para pebalap India akan berkompetisi satu dengan lainnya menggunakan truk Prima dengan dominasi cat hitam. Selain itu, 12 truk berwarna lain mewakili enam tim akan bersaing dalam kategori Pro Class, yang berpartisipasi dalam kejuaraan dua musim sebelumnya, dengan satu tim baru. Mereka adalah David Jenkins dan Brian Burt (tim Tata Technologies), Matt Summerfield dan Adam Bint (tim Castrol), Rick Collett dan Graham Powell (tim Cummins), Ray Coleman dan Simon Cole (tim Dealer Daredevils), Ben Horne dan Paul McCumisky (tim Dealer Warriors), Oly Janes dan Tony Smith (tim Tata Motors Finance).

Teks : Antonius S

Foto : Tata Motors Indonesia



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix