J.B. Hunt Datangkan Fuso eCanter untuk Final Mile Dalam Kota

05 / 12 / 2018 - in News
J.B. Hunt

Perusahaan angkutan dan transportasi, J.B. Hunt, mendatangkan armada baru truk medium-duty dengan boks berpendingin yang berbasis full-elektrik, Fuso eCanter. Padahal awalnya, perusahaan yang berdiri di Arkansas pada tahun 1961 ini memulai bisnisnisnya dari lima truk dan tujuh trailer berpendingin untuk mendukung bisnis beras sekam.

Penambahan lima unit Fuso eCanter ini untuk memperkuat divisi layanan Final Mile (mil terakhir) milik J.B. Hunt, yang akan digunakan untuk jasa pengiriman sampai ke rumah di wilayah Santa Fe Springs, California, dan Houston, Texas untuk cakupan layanan yang lebih besar.

“Truk-truk ini mungkin tak bersuara, tetapi mereka berbicara keras tentang dedikasi kami untuk menciptakan sistem transportasi yang lebih berkelanjutan,” kata John Roberts, presiden dan CEO J.B. Hunt.

Menurut Roberts, upaya yang dilakukan perusahaannya ini sekadar untuk mengurangi jejak karbon dioksida dari bisnisnya selama ini, dengan meningkatkan efisiensi lebih luas di seluruh rantai pasok bisnisnya. “Mulai dari konversi beban intermoda hingga meningkatkan aerodinamika dan keselamatan armada kami. Tambahan armada terbaru ini merupakan upaya kami mewujudkan layanan mil terakhir, sehingga dapat langsung mengantarkan kiriman sampai ke depan pintu konsumen.”

Pada 2017, J.B. Hunt telah mengurangi hampir 3,4 juta ton karbon dioksida melalui konversi angkutan intermoda, atau setara dengan memindahkan lebih dari 700.000 kendaraan penumpang dari jalan selama setahun. Perusahaan ini juga merupakan salah satu yang pertama di dunia yang berkomitmen dalam pemakaian truk model semi-tractor elektrik buatan Tesla, dengan memesan 40 unit pada November 2017 lalu.

Truk Fuso eCanter dengan nol emisi sebagai upaya menghilangkan tingkat kebisingan serta jejak karbon dioksida dari truk tradisional dengan model yang sama. Selain ramah lingkungan, kata Roberts, eCanter juga hemat biaya dan ekonomis.

“Dibandingkan dengan model diesel konvensional, biaya operasional eCanter dapat mencapai USD 2.000 lebih rendah untuk setiap jarak tempuh 12.000 mil (19.312 km). Dengan muatan penuh, eCanter memiliki driving range hingga 80 mil (129 km) dan sangat ideal untuk layanan last mile delivery dalam kota dalam,” ungkap Roberts

Saat ini, J.B. Hunt menjadi operator kedua di AS yang memperkenalkan truk eCanter dan bertumbuh menjadi salah satu perusahaan transportasi terbesar di AS dengan pendapatan tahunan sekitar USD 7 miliar. Operator ini mengoperasikan truk-truk besar semi-trailer dan menyediakan layanan transportasi di seluruh wilayah AS, termasuk Kanada dan Meksiko. Kini perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 124.000 karyawan dan mengoperasikan lebih dari 12.000 truk.

 

Editor: Antonius
Foto: J.B. Hunt



Related Articles

Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel