GIICOMVEC 2020

Isuzu Targetkan 20 Negara Tujuan Ekspor Traga

06 / 03 / 2020 - in Berita

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek kendaraan Isuzu di Tanah Air, telah melakukan ekspor perdana Isuzu Traga pada 12 Desember 2019. Untuk tahap awal, Traga hanya diekspor ke Filipina dan ditargetkan mencapai 6.000 unit hingga akhir 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap ekspor Traga bisa merambah ke negara-negara yang berpotensi menerima kendaraan light commercial jenis pick up medium cab over ini. “Saya harap jumlah tersebut akan terus bertambah paling tidak hingga tiga tahun mendatang dengan sasaran 20 negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, hingga Afrika,” ujar Presiden saat melepas ekspor Traga batch pertama di fasilitas pabrik IAMI di Karawang, Jawa Barat pada Desember silam.

Isuzu Indonesia pun menyatakan bahwa target yang ditetapkan sejauh ini masih sama. “Targetnya masih sama ya, tahun ini kita berharap bisa ekspor 6.000 unit. Sampai Februari (ekspor Traga) sudah 800 unit,” kata Ernando Demily, Presiden Direktur IAMI di GIICOMVEC 2020, Kamis (5/Mar/2020).

Ernando tak menampik bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya mewujudkan harapan presiden untuk memperluas ekspor Traga. “Saat ini kami sedang melakukan study untuk menambah target negara tujuan ekspor selain Filipina. Targetnya ada 20 negara lagi, tapi saya belum bisa memastikan semuanya akan terealisasi tahun ini,” ujarnya.

Selain menjagokan Traga sebagai andalan ekspornya, IAMI juga memamerkan lini produk andalannya di segmen kendaraan komersial selama GIICOMVEC 2020 berlangsung. Di kelas light commercial vehicle, Isuzu Traga Blind Van diperkenalkan untuk pertama kalinya di pameran khusus kendaraan komersial dua tahunan ini. Model ini masih sebatas prototipe dan merupakan pengembangan dari model pick up medium yang ada saat ini.

Selain itu, juga dipamerkan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) menggunakan basis Isuzu Traga. Unit ini digunakan sebagai salah satu layanan after sales services dari Isuzu Indonesia, untuk lebih menjangkau customer secara langsung di lokasi pelanggan Isuzu.

Kemudian di kelas light-duty truck menonjolkan Isuzu Elf NMR 71 TL. Truk ini dirancang dengan kemampuan mengangkut barang dalam jumlah yang lebih besar, dan dibekali mesin 4HG1T yang terkenal andal namun tetap hemat bahan bakar. Sedangkan untuk kategori medium-duty truck, menampilkan Isuzu Giga FVR Q yang menggendong mesin 6HK1-TCN berteknologi heavy-duty common rail.

Teknologi heavy-duty common rail sebenarnya telah diperkenalkan sejak tahun 2011 di varian Giga, dan akan digunakan saat regulasi Euro 4 diterapkan pada tahun 2021 mendatang. Teknologi ini memungkinkan performa kendaraan lebih irit namun tetap memiliki power yang cukup besar, yakni 245 PS. Giga FVR Q bisa digunakan untuk aplikasi boks, wingbox, dan bak besi.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix