Customer Gathering 2022, Isuzu Standar Euro 4 Mendarat Pertama di Jawa Timur

22 / 06 / 2022 - in Berita

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) terus melakukan sosialisasi terkait penerapan standar emisi EURO 4. Maka dari itu, Isuzu menggelar Customer Gathering 2022 yang bertajuk “Experience Grows You Bigger” di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya, Selasa (21/6).

Dalam acara ini, Isuzu mengundang seluruh konsumen loyal dan potensial yang selama ini setia dengan Isuzu. Tujuannya, agar konsumen memahami tentang penerapan dan teknologi EURO 4 di Indonesia. Jap Ernando Demily, President Director of PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, bahwa sejak April 2022, pemerintah telah menerapkan regulasi EURO4, yaitu standar emisi gas buang kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh European Union untuk memperkecil dampak pencemaran udara.

Isuzu sendiri sudah sangat siap untuk mengawal perjalanan bisnis seluruh Isuzu Partner dengan standar baru tersebut, dikarenakan, Isuzu telah berpengalaman selama 11 tahun di mesin common rail, sejak tahun 2011 bersamaan dengan diluncurkannya Isuzu Giga di Indonesia.

Seluruh ekosistem Isuzu, terutama layanan purna jual, sudah terbiasa menangani mesin common rail sejak 11 tahun yang lalu. Serta DNA mesin Isuzu yang irit bahan bakar, akan membantu Isuzu Partner dalam menghemat biaya operasionalnya.  “Produk EURO4 Isuzu sendiri tersedia dalam banyak varian, mulai dari Elf, Giga, dan Traga yang sesuai dengan kebutuhan customer di masing-masing industri, terutama transportasi & pergudangan, manufaktur, agrikultur, pertambangan, konstruksi, distribusi & retail, serta refinery,” ujar Ernando.

Bambang Satrio, Regional Manager Jateng & DIY, Jatim & Nusa Tenggara PT Isuzu Astra Motor Indonesia menjelaskan, “Ini penting sekali karena ini adalah peraturan pemerintah sejak April 2022 bahwa semua produksi harus sudah berstandar Euro 4. Sedangkan produk kami baik Traga atau Elf ini masih menggunakan teknologi Euro 2. Edukasi dan sosialisasi ini sangat penting agar customer paham perbedaan dan perubahan. Karena dengan perubahan dari Euro 2 ke Euro 4 bukan hanya dari sisi produk tapi dari cara mengendarai perlu edukasi. Kami sudah menjual produk Euro 4 ini sejak bulan April 2022 baik untuk customer yang baru menggunakan Isuzu atau sebelumnya sudah menggunakan produk Euro 2. Khusus untuk layanan after sales, telah memperkuat dengan bengkel-bengkel yang telah berteknologi digital, di mana dengan alat yang bisa mendeteksi kerusakan melalui komputer,” jelas Bambang.

M Arif Rahmawan, Regional Manager Astra Isuzu Jatim & Bali menambahkan, ” Secara sparepart memang komponen dari Euro 2 ke Euro 4, kurang lebih 86% hampir sama. Untuk spare part sudah kami prepare sejak setahun yang lalu. Karena IAMI sangat konsen disana mulai tahun 2020. KPI dari IAMI ke operasional  adalah ketersediaan spare part. Misalnya untuk Part Depo sudah ada area Jatim ini,” kata Arif.

Gathering kemarin malam menjadi lebih berkesan karena penyerahan secara simbolis Unit Euro 4 pertama di Jawa Timur untuk Isuzu Elf kepada Andrew dari PT Superior Persada Sejahtera dan Isuzu GIGA kepada Michael Soegyanto dari PT Tanjungsari Prima Sentosa. Respon positif dari customer yang hadir dibuktikan dengan tercatatnya 22 SPK dengan 383 unit terjual.

Ernando menjelaskan, penerimaan masyarakat terhadap Isuzu pada semua lini produk kendaraan begitu bagus. Terbukti dari hasil penjualan hingga Mei 2022, market share Elf mencapai angka 24% dengan peningkatan volume sebesar 23%. Market share Giga juga berhasil mencapai angka 12% dengan peningkatan volume sebesar 25% dibandingkan tahun sebelumnya. Isuzu Traga yang hadir tahun 2018 juga mencatatkan kenaikan yang signifikan sejak kehadirannya dimana hingga Mei 2022 telah mencapai market share 33% dengan peningkatan volume sebesar 17%. “Tentunya hasil pencapaian penjualan ini menunjukkan bahwa Isuzu adalah pemain besar otomotif di kendaraan niaga di Indonesia,” ucap Ernando.

Editor : Sigit

Foto : truckmagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix