Isuzu Giga Tractor Head, Jawab Tantangan Regulasi ODOL

24 / 01 / 2019 - in News, Products

Memasuki awal 2019, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi luncurkan produk terbarunya Isuzu Giga Tractor Head di Jakarta, Kamis (24/Jan/2019). Hadirnya produk terbaru Isuzu di pasar kendaraan niaga, menjadi solusi bagi pebisnis seiring dengan keluarnya regulasi over dimension over loading (ODOL).

GM Sales Division IAMI, Yohanes Pratama mengatakan bila biaya perbaikan jalan di Indonesia akibat overload mencapai 43 triliun pada 2017 silam. Menurutnya, jika berdasarkan aturan pemerintah, truk medium dua  axle hanya boleh mengangkut 16 ton, sedangkan medium truk tiga axle hanya dapat mengangkut 26 ton. Namun, fakta yang ada di lapangan, hampir semua kendaraan yang melintas memiliki beban mencapai 46 ton.

Kelambatan kendaraan akibat operation cost menjadi mahal karena konsumsi bahan bakar menjadi naik. Berdasarkan perhitungan Isuzu Indonesia menyatakan, 53 persen pengeluaran terbesar untuk operasional kendaraan di Indonesia adalah biaya bahan bakar.

”Inilah alasan kami memperkenalkan produk baru yang mampu menjawab regulasi ODOL dengan menghadirkan produk terbaru yang sesuai dengan aturan pemerintah. Hal ini juga yang akan membuat pebisnis transportasi beralih dari truk rigid menjadi tractor head. Karena Isuzu Giga mampu mengangkut hingga 32-46 ton,” kata Yohanes di sela acara launching Isuzu Giga.

Produk terbaru Isuzu Giga Tractor Head sendiri memiliki empat varian, diantaranya:Isuzu Giga GXZ 60 K ABS (N), Isuzu Giga GVZ 34 K HP ABS (N), Isuzu Giga GVR 34 J HP ABS (N), dan Isuzu Giga FVR 34 P TH.

Yohanes menilai, produk ini mampu menjawab tantangan dan berbagai kebutuhan pebisnis angkutan karena produk terbaru ini lebih menonjol dibandingkan generasi sebelumnya karena dilengkapi dengan full air brake dan seat suspension. Untuk varian GXZ 60 K ABS (N) disebut memiliki fitur anti-lock brake system (ABS) dengan mesin baru 6NX1-TCS dengan tenaga 345 PS dan torsi maksimum 135 Kgm.

Spesifikasi ini, menurut Yohanes, cocok untuk digunakan di segmen oil and gas karena memiliki GCW 46,1 ton yang dapat memuat 32.000 liter, dan tangguh di segmen freight dan forwarder lantaran mampu mengangkut beban hingga 40 feet container.

Selain memiliki spesifikasi yang cocok untuk kondisi saat ini, Isuzu Giga Tractor Head ini juga didukung oleh layanan purna jual yang mumpuni dan tersebar di seluruh Indonesia.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Citra



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix