Integrasi Jalan Tol Jagorawi Dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Segera Terlaksana

09 / 11 / 2020 - in Berita

Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 Yang merupakan akses masuk dan keluar dari Jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan akan segera beroperasi pada tanggal 10 November 2020 pukul 14.00 WIB. Pengoperasian kedua gerbang tol ini terkait mulai beroperasinya Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis – Jatikarya sepanjang 2,75 km yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540 / KPTS / M / 2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 (Junction-On / Of Ramp Jatikarya).

Irra Susiyanti Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad dalam keterangan resminya menuturkan bahwa pihaknya sebagai pengelola Ruas Tol Jagorawi telah mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 sebagai akses penghubung Ruas Cimanggis-Cibitung dengan Ruas Tol Jagorawi.

GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta, sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi. Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya, yang berpotensi menumbuhkan bangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi, dengan dioperasikannya akses baru Cimanggis – Cibitung.

GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk, sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik. Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5, pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000. Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif/gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut.

Editor : Sigit

Foto : Jasa Marga



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix