Ini Tarif Resmi Tol Sumo Seksi Krian-Mojokerto

20 / 03 / 2016 - in Berita

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Seksi IV sepanjang 18,47 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa sepanjang 36,27 Km ini, sejak Sabtu (19/Mar) resmi dibuka untuk umum.

Namun secara perdana baru dapat dilalui pada Minggu (20/Mar) malam, dan selama satu minggu ke depan akses tol yang menghubungkan kecamatan Krian di Kabupaten Sidoarjo dengan kota Mojokerto, Jawa Timur itu belum berbayar alias masih gratis.

Hal ini dijelaskan oleh Budi Pramono, Direktur Utama PT Marga Nujyasumo Agung selaku Badan Usaha Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. “Untuk satu minggu ke depan kami lakukan uji coba dan masih gratis untuk semua golongan kendaraan yang melintas,” kata Budi di Gerbang Tol Penompo, Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, setelah seremoni peresmian seksi IV (Krian-Mojokerto).

Sementara itu Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, setelah masa gratis selesai setiap kendaraan akan dikenakan tarif normal sesuai golongan. Tarif golongan I Rp 15.500, golongan II Rp 23.000, golongan III Rp 30.500, golongan IV Rp 38.000, dan golongan V Rp 46.000.

Transaksi pembayarannya sementara ini masih menggunakan metoda konvensional dengan uang tunai, namun Heri menargetkan hingga 2-3 bulan ke depan pembayaran di gardu tol sudah dapat dilayani menggunakan pembayaran secara elektronik.

Menurut Heri, saat ini pihaknya telah mengadakan kerjasama dengan Bank Jaktim, bank BNI, BRI, Bank Bukopin dan Bank Sumut yang merupakan sindikasi bank pemberi pinjaman dana pembangunan tol tersebut. Ke depannya Heri mengharapkan dapat melibatkan bank lainnya, sehingga masyarakat lebih dimudahkan melalui pembayaran dengan kartu elektronik multibank.

Teks : Antonius S

Foto : Kemen. PUPR



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix