Ini Jenis Truk yang Dilarang Gunakan Solar Subsidi

22 / 08 / 2019 - in News

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengeluarkan surat edaran No.3865.E/Ka BPH/2019 tentang Pengendalian Kuota Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Tertentu Tahun 2019, yang tertandatangani Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa tertanggal 29 Juli 2019.

Surat edaran ini ditujukan kepada Direktur Utama PT Pertamina (Persero) berdasarkan dugaan adanya ketidakpatuhan dalam penyaluran Jenis BBM Tertentu (JBT) kepada konsumen pengguna, sesuai dengan Peraturan Presiden No.191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Menurut M. Fanshurullah Asa dalam surat edaran ini, kebijakan ini sesuai Hasil Sidang Komite BPH Migas yang menginstruksikan kepada Pertamina untuk melaksanakan pengaturan pembelian JBT jenis minyak solar. Pengaturan pembelian JBT jenis minyak solar ini mencakup pembatasan dan pelarangan untuk beberapa jenis kendaraan angkutan yang mulai berlaku tanggal 1 Agustus 2019.

Penggunaan JBT jenis minyak solar dilarang bagi truk angkutan hasil perkebunan, kehutanan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam buah dalam kondisi bermuatan ataupun tidak bermuatan. Larangan ini pun berlaku untuk mobil tangki BBM, CPO, dump truck, truk trailer, truk gandeng, mobil molen (pengaduk semen), kendaraan bermotor dengan tanda nomor kendaraan berwarna dasar merah, mobil TNI/Polri, dan sarana transportasi air milik pemerintah.

Maksimal pembelian JBT jenis minyak solar untuk kendaraan angkutan barang roda empat sebanyak 30 liter/kendaraan/hari, roda enam atau lebih sebanyak 60 liter/kendaraan/hari, dan kendaraan pribadi sebanyak 20 liter/kendaraan/hari.

Berdasarkan Peraturan Presiden No.191 Tahun 2014, Jenis BBM Tertentu (JBT) diklasifikasikan sebagai bahan bakar yang berasal dan/atau diolah dari minyak bumi dan/atau bahan bakar yang berasal dan/atau diolah dari minyak bumi yang telah dicampurkan dengan bahan bakar nabati (Biofuel) sebagai bahan bakar lain dengan jenis, standar dan mutu (spesifikasi), harga, volume, dan konsumen tertentu dan diberikan subsidi.

 

Editor: Antonius
Foto: Giovani



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix