Ini Alasan KNKT Mendukung Ban Vulkanisir

14 / 09 / 2021 - in Berita

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan bahwa sebenarnya vulkanisir ban truk dan bus itu aman dilakukan. Asalkan ada prasyarat yang harus dipenuhi. Ban vulkanisir adalah seperti halnya ban baru. Karena ada pemasangan tapak pada casing.

“Penempelan tapak inilah vulkanisir. Kalau vulkanisirnya benar sesuai prosedur dan casing masih bagus, maka kualitas vulkanisirnya sama dengan ban baru. Jadi sampai sini ban vulkanisir ini tidak ada hubungan dengan isu-isu keselamatan,” terang Ahmad Wildan Senior Investgator KNKT di webinar Truckmagz Learning bertajuk ‘Step by Step Pembuatan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum’ pada Selasa (14/9).

Beberapa kasus menjelaskan bahwa ban vulkanisir ini menjadi kambing hitam. “Sebenarnya itu adalah faktor tekanan angin yang tidak sesuai. Jadi, muatan sudah over, pengisian angin kurang hingga terjadi pengelupasan. Jadi intinya jangan abai kepada tekanan ban. Karena akan berdampak buruk pada ban itu sendiri” terang Wildan.

Wildan melanjutkan,” Industri ban vulkanisir untuk pesawat benar-benar diawasi, disana standar yang harus dipenuhi. Sementara di transportasi darat, ban vulkanisir tidak ada pengawasan. Disini pengguna harus bisa memahami. Casing ini harus terbukti masih bisa divulkanisir. Maka dari itu proses, alat, cara , pekerja, hingga material harus diperhatikan. Seharusnua Kemenperin mengatur ini sehingga tidak terjadi malfunction pada ban vulkanisir yang pada akhirnya jadi kambing hitam. Padahal teknologi ini sudah bagus,” ujar Wildan.

KNKT mendukung teknologi vulkanisir Karen bisa mengurangi limbah ban bekas. Limbah ban bekas banyak sekali karena ada aturan yang melarang penggunaan ban vulkanisir, yang pada satu kondisi casingnya masih bagus dan bisa untuk vulkanisir. Isunya ini simpang siur, katanya ban vu;kanisir tidak selamat bukan seperti itu . Ban vulkanisir yang dikerjakan dengan benar sama bagus dengan ban baru,” pungkas Wildan.

Editor : Sigit

Foto : Truckmagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix