ILC Usul Dibangun Jalur Ganda KA Barang Menuju Pelabuhan

13 / 05 / 2019 - in News
KA barang

Indonesia Logistics Community (ILC) menilai tidak optimalnya kereta api (KA) barang dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok disebabkan terbatasnya jumlah slot yang tersedia.  Terbatasnya jumlah slot tersebut imbas dari berbagi rel dengan KA penumpang, seperti KRL Commuter Line, KA bandara, dan KA jarak jauh. Ditambah akses KA barang menuju ke pelabuhan hingga kini baru mencapai terminal Jakarta International Container Terimnal (JICT).

“Sekarang masih single track dan kereta api barang baru bisa masuk sampai terminal JICT. Itu pun slotnya terbatas. sehari hanya bisa dua kali jalan, sekali angkut bisa 60 kontainer. Misalnya, waktu pagi KRL sedang beroperasi, sudah pasti  kereta api barang tidak bisa jalan. Kalau pengaturan slotnya lebih baik harusnya bisa dua kalinya,” ucap Ruhara Agus Mulyono, Ketua Bidang Khusus Perkeretaapian ILC.

Agar bisa optimal, ILC menyarankan pemerintah untuk mempertimbangkan pembangunan jalur sendiri dengan jalur ganda atau double track. Sebab moda kereta api diyakini memiliki skala pengangkutan yang lebih baik, mengingat satu rangkaian KA barang yang terdiri dari 30 gerbong datar bisa memuat 30 peti kemas 40 feet atau 60 peti kemas berukuran 20 feet.

Dengan demikian satu rangkaian kereta barang bisa mengalihkan penggunaan 30-60 truk kontainer dari jalan raya. Terlebih kereta api memiliki waktu tempuh yang lebih singkat ketimbang angkutan truk. Sebagai contoh, rute Pelabuhan Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port hanya membutuhkan waktu 1.5 jam, sementara melalui truk waktu tempuhnya bisa mencapai 6 jam.

“Masalah yang terjadi hari ini akibat zaman dulu tidak direncanakan pembangunan rel sampai ke pelabuhan. Padahal ditempat lain di dunia yang namanya selain truk, harus ada juga jalur kereta api. Sehingga pada saat kongesti terjadi, kereta api itu bisa mengeluarkan barang lewat jalur rel. Dan itu baru ada di JICT, di teriminal-terimnal lain belum ada akses,” katanya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Kalog
   



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix