ILC: Lulusan Kampus Logistik Belum Siap Pakai

04 / 10 / 2019 - in News

Indonesian Logistics Community (ILC) menyarankan perguruan tinggi yang telah memiliki program studi logistik agar memperbesar porsi praktis ketimbang teoritis. Terbitnya Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No.94/2019 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kategori Pengangkutan dan Pergudangan Golongan Pokok Pergudangan dan Aktivitas Penunjang Angkutan Bidang Logistik, dianggap momentum yang tepat bagi kalangan kampus untuk berbenah.

“Umumya untuk posisi penting, perusahaan logistik tidak berani mengambil fresh graduate. Pasti yang dicari orang yang sudah berpengalaman minimal setahun atau dua tahun berkerja. Artinya nggak ada jaminan bahwa fresh graduate ini bakal apple to apple dengan orang yang sudah berpengalaman kerja,” kata Teguh Siswanto, Chairman ILC.

Teguh menambahkan, fakta di atas menunjukkan bahwa lulusan perguruan tinggi logistik di Indonesia belum sepenuhnya siap pakai. Sekalipun beberapa lulusan telah diserap pelaku industrik menjadi pekerja tidak serta merta langsung mendapat jabatan level supervisor atau manajer. Jika pun ada fresh graduate yang langsung menempati level jabatan tersebut jumlahnya sangat kecil.

Kondisi ini menjadi salah satu penyebab beberapa perusahaan logistik akhirnya membuat program management trainee. Program ini dikhususkan untuk pengembangan talenta karyawan agar menjadi kompeten sebelum benar-benar ditugaskan atau mengembang jabatan. Diketahui, umumnya perusahaan logistik skala bersar yang memiliki program ini, beberapa di antaranya, PT Siba Surya dan Puninar Logistics.

“Kalau silabus perguruan tinggi belum sesuai dengan kebutuhan business real, mau tidak mau intensitas belajar di luarnya harus diperbanyak ketimbang hanya duduk di kelas. Maka perlu menggandeng banyak pelaku logistik agar terjadi transfer ilmu. Dan pelaku logistik sendiri harus terbuka menerimanya,” ujar Teguh.

Hal ini pula yang melatarbelakangi ILC membentuk ILC Chapter Academy sejak November 2018, sebuah wadah yang beranggotakan mahasiswa dari perguruan tinggi logistik di Indonesia. Terbentuknya badan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa logistik guna memperdalam skill dan kompetensinya. Dalam kegiatannya, ILC Chapter Academy mengadakan seminar, workshop dan diskusi-diskusi bertopik logistik.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. ILC



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix