HPPI Minta Pemerintah Daerah Fasilitasi Uji Kompetensi Pengemudi

23 / 11 / 2018 - in News
HPPI

Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (HPPI) mengharapkan peran seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) guna memfasilitasi terselengaranya uji kompetensi pengemudi angkutan umum di daerahnya. Peran Pemda bisa diwujudkan dengan membangun fasilitas uji kompetensi, gedung pendidikan dan pelatihan. Langkah ini dinilai HPPI efektif untuk meminimalisir angka kecelakaan di daerah akibat faktor pengemudi yang tidak kompeten.

“HPPI siap untuk membantu dari sisi penyuluh maupun asesor. Karena kita sendiri telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi yang membidangi transportasi umum. Sambil menunggu Pemda mempersiapkan Sumber Daya Manusia internal, terpenting sekarang Pemda perlu membangun infrastrukturnya dulu. Perlu ada alokasi dana yang dianggarkan lewat APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah,” terang Eddy Suzendi, Ketua Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (23/Nov/2018).

Terlebih, lanjut Eddy, sesuai amanat Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan, bahwa pengemudi wajib diberikan bimbingan pendidikan dan pelatihan. Bahkan secara sepesifik pada Pasal 254 disebutkan, Pemerintah dalam hal ini termasuk Pemerintah Daerah wajib melakukan pembinaan terhadap menajemen usaha angkutan umum terutama terkait keselamatan.

“Sejauh ini kita sudah mengedukasi para pengemudi angkutan bus dan angkutan konvensional maupun online. Lembaga profesi kita PT Transportasi Global Indonesia terdaftar Badan Nasional Sertifikasi (BNSP). Alhamdulillah kita sudah bekerjasama dengan BNP2TKI dan perusahaan asal Polandia untuk rekrutmen pengemudi truk kontainer untuk dipekerjakan di Polandia,” tutupnya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. Pribadi



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix