HK Mengumumkan Tarif Baru Tol Palembang-Indralaya

09 / 10 / 2021 - in Berita

PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengelola Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) resmi mengumukan penyesuaian tarif baru. Kenaikan tersebut resmi terealisasi meski sempat diundur 12 bulan.

Pelaksana Tugas Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono mengatakan, pihaknya sudah menginformasikan kepada regulator dan komunitas sekitar Jalan Tol Palindra terkait kenaikan tarif baru Tol Palindra.

“Kami telah melaksanakan FGD secara virtual dengan para stakeholder Jalan Tol Palindra. Tujuan dari diskusi ini agar dapat menampung aspirasi terkait rencana penyesuaian tarif tol tersebut dari pihak-pihak yang merasakan manfaat dari Jalan Tol Palindra. Dari hasil FGD, semua pihak setuju dengan penyesuaian tarif jalan tol tersebut,” kata Dwi, Rabu, (6/10)

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan, penyesuaian tarif ruas tersebut merujuk dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1169/2021 yang ditetapkan pada 13 September 2021. Kenaikan tarif pada ruas tersebut sekitar 3,11 persen atau setara Rp500 untuk kendaraan golongan I, sementara untuk kendaraan non golongan I naik hingga Rp1.500.

Pada pasal 48 ayat 3 disebutkan Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Sehingga diharapkan agar para pengguna Jalan Tol Palindra memastikan saldo kartu uang elektronik (e-Money) terisi cukup sesuai tujuan berkendara saat melakukan pembayaran di gerbang tol.

Ada pun, angka internal rate of return (IRR) ruas Palembang-Indralaya termasuk rendah dibandingkan ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya atau sekitar -0,6 persen. Sedangkan, IRR terendah ada di ruas Sigli-Banda Aceh seksi 3 dan 4 di posisi -,77 persen.

Editor : Sigit

Foto : Hutama Karya



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix