Hino Siap Menyambut Penerapan Biodiesel B30

12 / 02 / 2019 - in News
Biodiesel B30

Upaya pemerintah mempercepat implementasi crude palm oil (CPO) sebesar 30 persen (B30) untuk bahan bakar solar pada 2020 menjadi 2019, disambut baik oleh agen pemegang merek (APM) kendaraan Hino. Tujuan dari percepatan penerapan B30 oleh pemerintah tersebut, diklaim sebagai upaya penghematan devisa untuk ketahanan energi.

Deputy General Manager Product Planing Division PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya siap dengan kebijakan B30. Menurutnya, HMSI telah menyiampak produk yang sesuai dengan B30, meski dalam hal ini pihaknya masih menunggu pemerintah dalam pengaplikasiannya. ”Kami juga sudah lakukan uji coba terkait engine B30 tahun lalu. Dalam penerapan B30, ada beberapa part yang harus diimprovement,” ujarnya.

Terkait part apa saja yang harus disempurnakan, Prasetyo enggan bicara lebih jauh. Namun, Ia mengaku bila penyesuaian part dari B20 ke B30 terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak ada perubahan yang cukup signifikan.

Sementara itu, menurut Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo, pihaknya siap mendukung total kebijakan pemerintah dalam merealisasikan B30. Karena menurutnya, penerapan B30 akan membuat bisnis sawit dapat lebih berkembang.

Santiko pun mengimbau, sebelum pemerintah menerapkan B30 perlu meninjau ulang penerapan B20, terutama terkait pencampuran solar dengan FAME (fatty acid methyl ester) atau biodiesel supaya lebih baik. Dampak yang ditimbulkan dari pencampuran solar dan minyak sawit, kata Santiko, akan berdampak pada umur pemakaian filter solar yang lebih singkat.

”Pencampuran ini akan menciptakan gel yang menutup saringan filter solar sehingga mengurangi power kendaraan. Selain itu, usia pakai filter solar menjadi lebih pendek dibandingkan sebelum ada B20. Kalau dulu filter solar itu baru diganti setelah 20.000 kilometer, sekarang 10.000 kilometer. Saya harap pemerintah melakukan study dalam hal pencampuran solar agar tidak memperpendek usia filter solar dan mengurangi performa kendaraan,” kata Santiko.

 

Teks: Citra
Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix