Hino Siap Gunakan Biosolar B20

05 / 09 / 2018 - in News
New Ranger Ready B20

Hino memastikan telah siap untuk implementasi penggunaan bahan bakar biosolar 20% (B20) yang telah dicanangkan pemerintah. Kepastian tersebut didasarkan atas lulus uji yang telah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Dimana PT Hino Sales Motor Indonesia (HMSI) telah melakukan pengujian pada mesin dengan teknologi common rail dengan metode uji engine bench test.

Pengujian dilakukan di Balai Theormodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) selama 400 jam dengan beban penuh. Pada putaran mesin maksimum yaitu 2.500 rpm selama 8 jam per hari. Hasilnya, tidak ada fenomena yang membahayakan pada pengujian, hanya ada penyumbatan filter bahan bakar yang diakibatkan oleh glycerol dan selulosa.

Hasil memuaskan tersebut, secara otomatis membuktikan bahwa penggunaan biodiesel B20 tidak akan berpengaruh terhadap mesin berteknologi mekanikal. Hasil pengujian sudah disampaikan ke Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservarsi Energi, Kementerian ESD,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI di Jakarta (4/9).

Meski demikian, ia menghimbau pemerintah untuk menyempurnakan proses percampuran solar dan FAME agar meminimalisir efek samping yang ditimbulkan terhadap kendaraan. Beberapa tipe kendaraan yang siap menggunakan biosolar B20 adalah medium duty truck Hino New Generation Ranger dan light duty truck Hino New Dutro.

Dengan catatan, pemilik kendaraan diharuskan mengganti filter bawah setiap 10.000 kilometer, membersihkan tangki bahan bakar setiap tiga bulan. Kemudian, tidak menggunakan bahan bakar lebih dari tiga bulan jika kendaraan tersebut tidak beroperasi. “Dengan penggunaan bahan bakar B20, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin,” tutupnya.

Teks: Abdul

Foto: HMSI

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix