Hino Indonesia: Truk Hybrid Cocok Digunakan di Indonesia Saat Ini

04 / 09 / 2019 - in News

Hino Hybrid untuk kedua kalinya diperkenalkan oleh Hino Indonesia melalui PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kepada publik Tanah Air, lewat ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta (4-5 September 2019). Sebelumnya truk berteknologi hibrida ini sempat dipamerkan di GIIAS 2019 lalu.

Kendaraan ini menggunakan sistem diesel electric hybrid yang diklaim bisa menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih, serta dapat menurunkan konsumsi bahan bakar. Efisiensi bahan bakar bisa terjadi lantaran sistem hybrid bekerja di saat penurunan akselerasi atau keadaan idle, sementara baterai yang akan menjadi sumber energinya. Sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat karena saling melengkapi antara bahan bakar solar dan tenaga listrik dari baterai.

Hino Hybrid dari klan Dutro ini menggunakan mesin 4 silinder segaris dengan turbo charge intercooler NO4C yang dikombinasi HV motor menggunakan baterai jenis NiMH (Nickel–Metal Hydride), serta ditambah dengan PCU yang merupakan gabungan dari ECU, inverter dan baterai guna mendukung sistem hybrid berjalan baik.

Selain itu, truk ini juga dilengkapi teknologi Diesel Particulate active Reduction system (DPR) dan Selective Catalytic Reduction (SCR), yang berguna menghilangkan partikel berbahaya dan juga mengurangi NOx (Nitrogen oksida), sehingga berkontribusi untuk emisi yang lebih bersih. Sebagai informasi, emisi NOx yang ada di udara dan terhirup manusia dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

“Kendaraan Hino dengan teknologi Hybrid dapat digerakan dengan tenaga listrik dan biodiesel, sehingga lebih ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar. Truk ini cocok digunakan di Indonesia saat ini, menjelang era peralihan kendaran bermesin diesel ke kendaran bertenaga listrik, setelah penandatanganan Perpres kendaraan listrik oleh Presiden Jokowi,” ucap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: HMSI



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix