Hino CS Contest 2019 Fokus pada Kesiapan Hadapi Regulasi Euro 4

07 / 11 / 2019 - in News

Hino CS Contest kembali digelar PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di fasilitas Hino Training Center, Tangerang selama dua hari (6-7 November 2019). Mengangkat tema We Represent Hino Total Support by Human Touch, HMSI pada gelaran kompetisi kali ini lebih memfokuskan diri pada kesiapan tenaga sales, service, dan spare parts (3S) Hino menghadapi regulasi Euro 4 pada tahun 2021 mendatang.

Senior Executive Officer After Sales HMSI, Irwan Supriyono mengatakan bahwa pada gelaran Hino CS Contest ke-23 kalinya ini, Hino Indonesia memiliki misi untuk memastikan kesiapan seluruh tenaga 3S Hino dalam menyambut era Euro 4.

“Bisa kita lihat dalam simulasi troubleshooting di salah satu kategori kontes bagi mekanik. Di sini kami ingin memastikan bahwa teknisi Hino bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan DX Tool, terutama di mesin common rail yang jadi mandatory Euro 4 dan sudah dipakai truk Hino saat ini,” kata Irwan di Tangerang, Rabu (6/Nov/2019).

DX Tool atau Diagnosis Tools Hino merupakan alat untuk mendiagnosis kerusakan atau permasalahan yang terjadi di mesin common rail Hino. Peranti ini biasanya digunakan oleh tim teknisi Hino yang terdiri dari service advisor dan mekanik, dalam mengatasi permasalahan sehari-hari di kendaraan pelanggan bermesin common rail termasuk menentukan langkah-langkah pemeliharaannya.

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki menambahkan, target HMSI setiap tahunnya adalah melahirkan teknisi-teknisi andal, terpercaya, dan mampu bekerja dengan cepat. “Sehingga mengurangi down time kendaraan customer kami, dan bisnis mereka dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan,” ujar Kayanoki.

Kayanoki menambahkan, kepercayaan dari pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting bagi Hino Indonesia. “Oleh karena itu, CS contest ini tidak hanya bermanfaat untuk individu namun juga sebagai proses dalam membangun tim, untuk memberikan dukungan layanan Hino yang terbaik kepada konsumen kami,” tambahnya.

CS Contest sudah menjadi agenda rutin Hino Indonesia setiap tahunnya dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dan tepercaya. “Kalau dilihat dari sisi SDM, program CS contest ini juga sebagai bentuk dukungan kami kepada pemerintah yang sedang mengembangkan SDM siap kerja. Safety driving competition juga sebagai pengembangan SDM. Apalah artinya kendaraan yang mumpuni tanpa kualitas SDM yang baik,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Menurut Santiko, Hino Customer Satisfaction (CS) Contest sudah berjalan sejak tahun 1989. “Waktu itu mulainya dari kategori mekanik dan service advisor. Saat ini, mengingat kebutuhan customer juga meningkat, sekarang sudah ada 14 kategori yang dikonteskan,” ujarnya menambahkan.

Hino CS Contest 2019 diikuti 355 kontestan mewakili 41 diler Hino di Indonesia, yaitu PT Indomobil Prima Niaga-Aceh, PT Indomobil Prima Niaga-Medan, PT Transindo Utama-Medan, PT Vima Bungamas-Padang, PT Gita Riau Makmur-Pekanbaru, PT Rodamas Makmur Motor-Batam, PT Jaya Indah Motor-Jambi, PT Citra Lestari Mobilindo-Palembang, PT Persada Palembang Raya-Palembang, PT Persada Bangka Raya-Bangka-PT Genta Lampung Makmur-Bengkulu, PT Persada Lampung Raya-Lampung, PT Hibaindo Armada Motor-Jakarta, PT Bypassindo Jaya Indah-Jakarta, PT Indomobil Prima Niaga-Jakarta, PT Arista Jaya Niaga-Cikarang, PT Hudaya Maju Mandiri-Cibitung, PT Dayaguna Motor Indonesia-Cikampek, PT Armindo Perkasa-Tangerang, PT Indosentosa Trada-Bandung, PT Maya Graha Indah-Bandung, PT Cemaco Makmur Corporatama-Semarang, PT Duta Cemerlang Motors-Semarang (juara umum 2018), PT Mitra Pratama Mobilindo-Solo, PT Catur Kokoh Mobil Nasional-Surabaya, PT Indomobil Prima Niaga-Surabaya, PT Cahaya Surya Bali Indah-Bali, PT Indomobil Cahaya Prima-NTB, PT Automobil Borneo Perdana-Pontianak, PT Automobil Prima-Sampit, PT Mitra Profitamas Motor-Banjarmasin, PT Prima Putra Kaltim-Samarinda, PT Antasena Agung Jaya-Balikpapan, PT Kumala Motor Sejahtera Bersama-Balikpapan, PT Nenggapratama Internusantara-Manado, PT Patrako Motor Abadi-Palu, PT Kumala Motor Sejahtera Abadi-Kendari, PT Kumala Motor Sejahtera-Makassar, PT Nenggapratama Prima Nusantara-Gorontalo, PT Kreasi Auto Kencana-Sorong, HMSI Tangerang, HMSI Medan, dan HMSI Balikpapan.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 

 



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix