Hindari Kemacetan, Menhub Mengimbau Balik Lebih Awal atau Setelahnya

04 / 05 / 2022 - in Berita

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 s.d 8 Mei 2022 mendatang. Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang – Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” jelas Menhub, Selasa (3/5).

Menhub menambahkan, agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar Menhub.

Menhub menjelaskan, sejumlah rest area di jalan arteri telah disiapkan baik oleh pemda, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya. “Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” jelas Menhub.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan (Bakauheni-Merak), sejumlah antisipasi telah disiapkan. Diantaranya yakni : mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan secara daring. Sehingga tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri BUMN, Erick Thohir mengecek kesiapan Pelabuhan Bakauheni jelang arus balik Lebaran 2022. Irjen Firman memprediksi arus balik Lebaran 2022 akan melonjak tinggi.

“Kami bersama para kapolda bertugas untuk memastikan tekanan arus lalu lintas dibagi rata, mengingat potensi yang akan kembali ke Jakarta cukup tinggi,” ujar Irjen Firman Shantyabudi, di Gedung ASDP Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Irjen Firman mengajak masyarakat untuk turut bekerjasama memastikan arus balik berjalan lancar. Masyarakat diminta untuk mengikuti aturan petugas di lapangan.  “Kami membutuhkan kerjasama masyarakat, seperti saat arus mudik kemarin. Kami harapkan apa yang sudah diatur ini bisa jadi kerjasama yang baik untuk kelancaran arus balik,” ujarnya.

“Kami mohon untuk memanfaatkan fasilitas, sehingga apa yang dikhawatirkan tentang puncak arus balik bisa dieliminasi semaksimal mungkin untuk kelancaran bersama. Kuncinya bagi masyarakat adalah tertib, sabar, dan mau antre,” tambah Firman.

Editor : Sigit

Foto : Kemenhub



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix