Gunakan Truk Berpendingin, Apa yang harus Diperhatikan?

24 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Manfaat luas truk berpendingin sangat terasa di sekitar kita. Tanpa truk berpendingin, swalayan, restoran, dan pasar akan mengalami penurunan pilihan makanan yang tersedia. Truk berpendingin membantu memastikan kesegaran dan keamanan bahan makanan ketika diangkut ke daerah yang jauh dari asalnya. Truk berpendingin memainkan peran penting dalam memberikan produk dan makanan segar serta barang-barang yang rentan terhadap perubahan suhu.

Iskandar Muladi Quality Control Supervisor Karoseri Tiga Putra mengatakan, “Jika truk berpendingin tidak bisa mendinginkan muatannya dari satu tempat ke tempat lain, artinya menjaga kualitas dan keamanan barang, konsumen seakan dipaksa untuk bepergian jauh untuk mendapatkan akses ke barang yang diinginkannya. Oleh karena itu, truk berpendingin juga memainkan peran besar dalam perekonomian,” jelasnya.

Fakta Truk Berpendingin

Sekarang ini, truk berpendingin telah berkontribusi melalui jaringan ekpedisi yang berkembang. Truk berpendingin adalah sumber daya yang sempurna untuk bisnis yang ingin memberikan produk dan layanan berkualitas. Berikut beberapa fakta menariknya.

Transportasi Produk yang Aman

Truk berpendingin telah digunakan untuk mengangkut berbagai produk yang rentan terhadap perubahan suhu, mulai dari obat hingga hewan hidup. Misalnya di luar negeri, truk berpendingin juga digunakan untuk mengangkut lebah madu dan penguin, yang membutuhkan suhu dingin terkontrol. Truk berpendingin juga menguntungkan perusahaan elektronik. Konsumen mungkin tidak menyadari bahwa perangkat elektronik tertentu memerlukan suhu dingin untuk beroperasi.

Perusahaan pengiriman bunga juga menggunakan truk berpendingin untuk menjaga produk agar tidak layu sebelum waktunya. Perusahaan yang menjual parfum juga menggunakan truk berpendingin karena muatan jenis ini perlu dipertahankan pada suhu dingin. Ini mencegah bahan kimia dalam parfum atau cologne memanas sehingga mengubah aroma. Selain itu juga galeri seni atau museum juga mengandalkan kendaraan berpendingin untuk menjaga kualitas karya seni. Ini sangat penting untuk karya seni yang sudah tua dengan cat, minyak, dan kanvas yang sensitif terhadap suhu,” tambahnya.

Kombinasi Desain dan Perangkat Pendingin

Truk berpendingin diperlukan menjaga ikan tetap hidup di suhu yang sesuai dengan lingkungan mereka dalam perjalanan. Untuk membawa hewan hidup diperlukan juga ventilasi yang memadai di ruang kargo. Ada dua jenis sistem pendingin umum di jasa pengangkutan, dipasang di atap dan dipasang di ujung bok. Unit pendingin yang dipasang di ujung bok ideal untuk truk dan trailer berukuran sedang. Perangkat pendingin dipasang pada ujung depan belakang kabin. Desain ini dapat memudahkan akses mekanik ketika melakukan perawatan rutin.

Unit pendingin yang dipasang di atap ideal untuk trailer dan truk yang berukuran besar karena perlu pengaturan ventilasi. Jumlah pendingin yang diperlukan tergantung pada suhu eksternal rata-rata selama pengangkutan. Hal ini termasuk suhu yang sesuai untuk produk, jumlah panas yang dapat dihasilkan produk, dan jumlah isolasi yang dimiliki kendaraan. Jenis perangkat ini direkomendasikan untuk perusahaan dengan spesialisasi mengantarkan daging beku, susu, atau makanan laut.

Menyesuaikan Truk dengan Muatannya

Desain perangkat pendingin perlu menyesuaikan dengan karakteristik produk. Misalnya, perusahaan bunga mendapat manfaat dari suhu hangat dan dingin untuk pengiriman. Ini karena beragamnya tanaman tropis yang sensitif. Dengan unit pendingin yang tepat, klien memiliki beberapa pengaturan suhu yang dapat disesuaikan. Ini sangat bagus untuk perusahaan yang mengangkut berbagai jenis produk yang membutuhkan suhu berbeda selama transportasi. Ruang kargo disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai produk yang sensitif terhadap suhu. Satu ruang untuk barang yang memerlukan suhu dingin sementara ruang lain dapat mempertahankan suhu yang berbeda.

Sewa atau Beli

Sebelum sebuah perusahaan memilih berinvestasi truk berpendingin, perlu mempertimbangkan antara sewa atau membeli truk berpendingin. Perhatikan beberapa hal-hal berikut.

Apa yang Diangkut?

Hal ini akan menentukan kisaran kelembaban dan suhu yang harus dijaga. Pastikan truk berpendingin yang dipilih dapat mengakomodasi karakteristik muatan. “Ini merupakan pertimbangan pertama juga dalam memutuskan besar-kecilnya truk. Muatan yang memerlukan pendinginan biasanya membutuhkan kontainer tersendiri,” imbuh Iskandar.

Berapa Banyak yang Diangkut?

Ini akan menentukan berapa banyak ruang yang diperlukan. Pertimbangkan bahwa pengemasan yang terlalu berlebih pada truk dapat menyebabkan kondisi lingkungan yang buruk, seperti udara yang tidak dapat bersirkulasi dengan benar atau peralatan yang tidak dapat mencapai suhu yang diinginkan di dalam truk.

Seberapa Jauh Barang Diangkut?

Truk berpendingin dapat digunakan untuk perjalanan jarak pendek dan jarak jauh. Namun perlu mempertimbangkan seberapa jauh jaraknya, karena akan menentukan biaya keseluruhan, dan usia pakai truk. Sebagai tambahan, pertimbangan juga perlu memperhatikan truk baru dalam banyak situasi. Truk baru memiliki jarak tempuh yang lebih baik, insulasi yang lebih baik, dan biaya operasional yang lebih rendah.

Setiap model truk berpendingin dibuat sedikit berbeda, bagaimana pun juga memiliki kelebihan dan kelemahan untuk produk yang rentan terhadap suhu. Karena itu, perlu juga memastikan bahwa barang tetap aman dan selamat sampai tempat tujuan. Sebagian besar truk berpendingin dilengkapi dengan sistem pemantauan suhu.

Tips Perawatan Truk Berpendingin

Hal penting lainnya adalah menjaga truk tetap bekerja optimal. Berikut beberapa tips untuk menjaga keawetan truk berpendingin.

Menjaga Kendaraan tetap Bersih

Bau dapat bertahan setelah barang dibongkar. Beberapa pengemudi truk berpendingin sering menggunakan kopi bubuk untuk membantu menyerap bau. “Kopi masih dalam kategori aman untuk pengangkutan ikan atau muatan berbau kuat lainnya. Tetapi jika mengangkut daging, darah bisa tercecer ke lantai dan mencemari muatan berikutnya. Untuk menghindari ini, pastikan mencuci truk setiap kali bongkar-muat. Terkadang di gudang disediakan selang air yang bisa sopir gunakan untuk mencuci lantai. Untuk perusahaan pengangkutan makanan, prosedur pembersihan truk setelah bongkar-muat menjadi hal yang utama. Karena itu, perlu memastikan bahan makanan siap saji tidak menyentuh makanan mentah dan tidak ada kontaminasi silang terjadi antara makanan dan barang-barang bukan makanan,” katanya.

Suhu Ruang Kargo harus Dingin lebih Dulu

Kargo beku harus selalu dimuat ke trailer yang sudah didinginkan sebelumnya pada suhu yang sesuai. Mendinginkan boks terlebih dulu, mencegah perubahan karakteristik muatan selama transportasi. Perlu diketahui lamanya proses pendinginan suhu ruang boks sebelum muatan dimasukkan. Jika pada cuaca panas, mungkin waktu yang diperlukan sedikit lebih lama.

Pantau Suhu

Selalu jaga komunikasi dengan operator di truk suhu selama transportasi. Ada beberapa klien yang sangat sensitif terhadap laporan perubahan suhu, penurunan satu derajat pun bisa membuat muatan diklaim. Kondisi rawan untuk pertumbuhan bakteri adalah pada suhu 4 derajat Celcius hingga 60 derajat Celcius. “Operator juga perlu proaktif memeriksa suhu ruang kargo dengan alat portable, jangan terlalu mengandalkan pengukur suhu di dalam ruang kargo. Periksa dan catat suhu muatan saat dinaikkan, dalam perjalanan, dan bongkar-muat,” sarannya.

Pada musim panas mungkin lingkungan luar berperan besar untuk kinerja truk berpendingin. Tidak semua rute pengiriman dibuat sama dan suhu luar dapat berdampak negatif pada barang. Truk harus cukup andal agar tahan terhadap suhu eksternal, apakah di bawah titik beku atau panas.

Masalah terbesar dengan truk berpendingin atau adalah biaya. Penting untuk dicatat bahwa biaya ini mencakup semuanya. Dari komponen peralatan elektrik hingga kebutuhan perawatan atau perbaikan rutin. Untuk menghemat biaya jangka panjang, hindari membeli komponen yang tidak direkomendasi. Jaga truk berpendingin agar tidak terjadi pembengkakan biaya di luar rencana servis.

Kinerja Truk harus Optimal sesuai Jarak Distribusi

Sampai di gudang barang, truk harus siap kerja dan usahakan BBM dalam keadaan penuh. Umumnya truk berpendingin memasang generator diesel sendiri untuk peralatan pendingin. Karena itu, tangki BBM untuk truk dan generator harus dipastikan dalam keadaan penuh. Saat mengangkut barang yang mudah rusak karena suhu, pemilik barang harus memperhitungkan apakah akan mengirim barang secara lokal atau jarak jauh. Truk harus dapat mempertahankan fungsi kelistrikan yang tepat sepanjang perjalanan. Jika peralatan pendingin yang dipasang untuk pengiriman lokal, seperti karangan bunga segar, maka sangat masuk akal bahwa truk tersebut tidak mungkin bisa digunakan untuk transportasi jarak jauh.

Buat Catatan Perjalanan

Untuk mencapai kepuasan pelanggan, prosedur menjaga keamanan muatan bagian dari perawatan rutin kendaraan. Mekanik perusahaan harus membuat jadwal pemeriksaan rutin untuk setiap truk selama periode tertentu. Setiap trayek tertentu ada cek poin sendiri sesuai peruntukannya.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix