Gudings Tawarkan Solusi Integrasi Logistik Bagi Pebisnis Frozen Food

09 / 11 / 2020 - in Berita

Selama pandemi Covid-19 bisnis produk makanan dingin (frozen food) tumbuh pesat seiring orang membatasi aktivitasnya di luar rumah. Sayangnya, para pelaku usaha frozen food yang mengandalkan penjualannya lewat online terkendala dalam proses distribusi. Salah satunya masih tingginya ongkos kirim karena jumlah penyedia jasa kurir khusus frozen food sangat terbatas.

Selama ini pelaku usaha frozen food dalam hal pengiriman masih mengandalkan jasa kurir biasa.Belakangan, muncul perusahaan rintisan yang menawarkan solusi dengan beragam permasalahan tersebut, yakni Gudings. Sebuah platform yang menyediakan layanan sewa cold storage dan pengiriman dengan cold chain untuk para pelaku usaha frozen food.

Lewat layanan ini, pemilik usaha bisa mengirimakan barang atau paket frozen food semudah mengimkan barang biasa. Tidak perlu ada lagi kekhawatiran makanan rusak selama pengiriman karena Gudings menerapkan cold chain oogistic operasionalnya. Terkait apa itu Gudings dan layanannya? Selengkapnya berikut, wawancara TruckMagz bersama Hendra Heryadi, Founder Gudings.

Bisa Anda jelaskan review singkat tentang layanan Gudings dan latar belakang kemunculannya?

Gudings adalah platform yang menyediakan layanan sewa cold storage dan pengiriman dengan cold chain untuk para plelaku usaha frozen food. Dari hasil riset Gudings, ada beberapa kendala yang dialami oleh para pelaku usaha frozen food yang saat ini sudah memilih jalur penjualan online sebagai salah satu distrbution channel-nya.

Diantaranya, masih tingginya ongkos kirim untuk pengiriman frozen food. Kenapa? Karena masih sulitnya ditemukan layanan last mile delivery yang memudahkan para pelaku usaha frozen food untuk mengirimkan barang mereka semudah mengirimkan paket biasa.

Dan jasa pengiriman yang tersedia saat ini bentuknya masih instant delivery dan same day delivery sehingga ongkos kirimnya pun cenderung mahal dan terbatas pada jarak tempuh. Hal ini yang membuat Gudings menghadirkan solusi untuk permasalahan ini. Jadi dengan menggunakan Gudings nantinya para pelaku usaha bisa mengirimlan barang frozen food semudah mengirimkan paket biasa.

Tidak perlu ada lagi kekhawatiran makanan rusak selama pengiriman karena Gudings menerapkan cold chain logistic dalam pengiriman paketnya. Dan tentunya dengan tarif pengiriman yang lebih efisien karena Gudings menyediakan layanan yang terintegrasi mulai dari penyimpanan hingga pengiriman frozen food.

Sebagai perusahaan startup, sumber pendanaan Gudings berasal dari mana saja? Kini total berapa dana yang dikelola?

Sumber pendanaan saat ini masih Bootstrap (modal sendiri). Bulan Agustus – September 2020 kemarin Gudings terpilih menjadi salah satu dari 5 startup terbaik dari inkubasi yang di selenggarakan oleh “Menjadi Nyata”. Pada Inkubasi tersebut Gudings juga memperoleh pendanaan dalam bentuk hibah, akses market dan tentunya mentoring. Saat ini pengelolaan dana kita masih di bawah 1 M.

Pendapat Anda tentang pengelolaan gudang dan pengiriman saat ini oleh pelaku industri frozen food atau sejenisnya. Apa yang kurang dan bisa dibenahi lewat Gudings?

Saat ini mostly pelaku usaha frozen food, khususnya mereka yang memanfaatkan online sebagai salah satu distribution channelnya bisa dibilang masih bersifat localize. Keterbatasan pengiriman yang ada saat ini menjadi salah satu kendala.Lalu, untuk melakukan ekspansi yang lebih luas ke daerah lain, para pelaku industri ini harus mengeluarkan dana yang juga tidak sedikit.

Karena harus menyewa gudang, merekrut pegawai, menyediakan sarana penyimpanan mulai cold storage hingga freezer yang harus bisa menampung semua stok yang ada. Ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, disini Gudings dapat juga berperan sebagai mitra yang memberikan layanan sewa miini cold storage hingga cold storage. Dengan adanya layanan ini Gudings sangat bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha frozen food untuk melakukan ekspansi distirbusi lebih luas karena layanan yang terintegrasi mulai dari penyimpanan hingga pengiriman.

Apakah Gudings membuka kemitraan untuk pemilik gudang dan armada?

Ya, tentu kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan pemilik gudang pendingin dan pemilik armada pendingin.

Berapa gudang dan armada yang dimiliki Gudings sekarang? Berada dimana saja?

Gudings baru mulai beroperasi pada April 2020 di Kota Bogor. Saat ini Gudings sudah memiliki dan mengelola cold storage di 2 titik yaitu di daerah Bogor Barat dan Bogor Utara. Dengan total kapasitas penyimpanan hingga hingga 300 ton.

Saat ini sudah penuh semuanya. Selain itu, Gudings juga memiliki mini cold storage seperti freezer yang berkapasitas mulai dari 300, 600 hingga 1000 liter. Untuk layanan pengiriman Gudings sudah memiliki 1 unit mobil berpendingan dan beberapa armada pengiriman sepeda motor.

Siapa saja sasaran pelanggan Gudings, jenis industri dan skala bisnisnya?

Semua pelaku industri frozen food yang sudah memilih jalur online sebagai jalur distribution channel-nya maupun mereka yang masih baru akan masuk ke jalur ini. Jenis skala bisnisnya pun lebih luas mulai dari yang skala mikro hingga yang besar.

Lewat Gudings pengguna bisa menghemat berapa persen dari total cost sebelumnya?

Dari hitungan Gudings, dengan memanfaat layanannya para pelaku usaha frozen food ini bisa fokus pada proses penjualan. Dann kegiatan operasional menjadi tanggung jawab Gudings. Ini dapat menghemat hingga 80% dari total cost yang ada.

Berapa rupiah yang harus dikeluarkan pengguna jasa agar bisa menggunakkan layanan Gudings?

Untuk menggunakan layanan penyewaan gudang Cold Storage di Gudings hanya cukup dengan membayar mulai dari Rp 250.000 per bulan hingga gratis. Dan untuk layanan pengiriman rantai dinging (cold chain logistic) tarif kita flat Rp 15.000 per titik pengiriman.

Target dan harapan Anda tentang Gudings ke depan?

Target terdekat Gudings hingga awal tahun 2021 adalah sudah bisa melayani penyimpanan dan pengiriman frozen food untuk wilayah Jabodetabek. Harapan Gudings tentunya kami berharap bisa berkonstribusi lebih untuk memajukan industri frozen food di Indonesia melalui layanan yang kami miliki.

Teks: Abdul Wachid

Foto: Gudings



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix