GIICOMVEC 2018 Resmi Dibuka, Menteri Airlangga Harap Ekspor Truk Naik

01 / 03 / 2018 - in Berita

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto resmi membuka pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2018, yang berlangsung mulai hari ini (1 Maret 2018) hingga 4 Maret 2018 mendatang di Jakarta Convention Center. Pameran ini merupakan penyelenggaran pertama Gaikindo yang dikhususkan untuk kendaraan komersial. Menghadirkan konsep business to business, diharapkan GIIOMVEC 2018 mampu menunjang kemajuan industri kendaraan komersial di dalam negeri.

“Industri kendaraan komersial mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam kurun waktu belakangan ini. Meskipun belum dalam titik penjualan tertinggi seperti pada tahun 2012-2013. Penjualan kendaraan komersial sampai pada tahun 2017 mencapai 235.310 unit. Penjualan truk naik 45 persen, pick up 6 persen dan double cabin 46 persen ketimbang pada tahun sebelumnya,” ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo dalam sambutannya, Kamis (1/Mar/2018).

Menurutnya, untuk membangun industri kendaraan komersial menuju masa depan, Gaikindo tidak bisa berjalan sendiri. Perlu ada dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan dan peran serta masyarakat. Gaikindo juga membutuhkan kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang mampu memajukan industri kendaraan komersial.

Menanggapi hal itu, Airlangga Hartarto menilai, event ini menunjukan kemampuan nasional di bidang kendaraan komersial cukup kuat. Sehingga nantinya pemerintah akan mendukung dan  membuat kebijakan melarang impor truk bekas. Saat ini kebutuhan angkutan barang makin meningkat, pada tahun 2017 produksi truk dan bus mencapai 89.000 unit penjualan serta 93.000 unit produksi.

GIIOMVEC 2018

“Ketimbang pada tahun sebelumnya hanya 70.000 unit. Terlebih sudah masuk pasar ekspor sejumlah 27.000 unit dan ditargetkan pada tahun ini mampu mengekspor 35.000uni. Kami yakin kebutuhan kendaraan komersial dapat dipenuhi oleh industri di dalam negeri.Bagusnya semua dikerjakan tenaga kerja lokal tanpa mengandalkan automasi,” kata Menteri Airlangga.

Selama pameran, GIICOMVEC 2018 diramaikan oleh delapan brand kendaraan komersial di Indonesia. Yakni Hino, Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Mitsubhisi Fuso, Scania, UD Trucks, dan Volvo Trucks. Nantinya akan ada beragam produk terbaru yang diluncurkan oleh masing-masing agen pemegang merek (APM) yang berpartisipasi. Selain menampilkan deretan model truk teranyar, pemeran yang rencananya bakal digelar setiap dua tahun sekali ini juga diikuti oleh produsen pelumas, ban, serta karoseri.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul, Anton



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix