GIIAS Surabaya 2019 Resmi Dibuka Hari Ini, Targetkan 2500 Unit Kendaraan Terjual

29 / 03 / 2019 - in News

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019 resmi dibuka pada hari ini (29/3). Event pameran mobil yang rutin digelar tiap tahun ini mengambil tempat di Grand City Convex Surabaya. Pameran otomotif yang ditunggu-tunggu publik Surabaya, GIIAS Surabaya 2019 hari ini secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emir Dardak dan Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi. Akan hadir selama sepuluh hari, GIIAS Surabaya 2019 menunjukkan eksistensinya perkembangan industri otomotif Indonesia.

Menghadirkan ragam produk kendaraan terbaru serta teknologi terkini dari industri otomotif, mengusung konsep Autovaganza GIIAS Surabaya 2019 menyuguhkan berbagai program acara menarik yang mengangkat kemajuan otomotif masa kini. Dalam sambutannya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, bila pemerintah sangat mendukung industri otomotif.

Industri otomotif memiliki imbas atau rantai industri yang saling terkait. “GIIAS Surabaya menyelenggarakan program GIIAS Autopreneur untuk menambah pengetahuan mengenai otomotif. Program ini sejalan dengan perkembangan kendaraan otomotif di Indonesia,” katanya.

IMG_1024

Menperin juga menyampaikan jumlah penjualan kendaraan roda empat selama 2018 berjumlah 1,3 juta unit kendaraan, atau senilai USD 13,7 miliar. Sementara jumlah ekspor mencapai 346.000 unit atau setara dengan USD 4,78 miliar. Airlangga menyebutkan jika industri otomotif semakin kompetitif, bilamana konten lokalnya semakin meningkat. Sebab hal itu menjadi kunci keberhasilan dari industri otomotif.

Kedepan, Airlangga akan mendorong mempersiapkan flexy engine. “Pemerintah bisa memproduksi biofuel dari kepala sawit atau dari CPO. Dan sekarang, Eropa melarang bahan bakar dengan kelapa sawit. Dan ini merupakan unfairplay practice. Pemerintah sedang mengkaji langkah lanjutan dari pada trik yang tidak fair ini. Kementerian perindustrian mendorong industri yang kita sebut dengan Low Carbon Emission Veichle dengan beberapa progam, yaitu dengan kendaraan hemat energi harga terjangkau LCGC itu harganya harus di bawah Rp 200 juta, itu yang menjadi mayoritas penjualan di sini. Kemudian electric vehicle dan flexy engine,” jelas Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, “GIIAS 2019 ini sengaja digelar lebih maju dan pertama di Surabaya sebagai langkah untuk menggairahkan pasar otomotif di awal 2019 ini. Selain itu juga untuk mulai memberikan informasi terbaru terkait dengan tren dan teknologi yang dimainkan di sektor otomotif,” kata Nangoi.

GIIAS The Series mentargetkan 50 ribu pengunjung. Dengan target penjualan sebanyak 2.500 unit, mengaca pada penjualan pada tahun 2018 lalu sebanyak 2.200 unit. GIIAS Surabaya 2019 diselenggaralan mulai 29 Maret sampai 7 April 2019. Akan ada 12 merek passenger car yang ikut serta yaitu Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Serta, 3 merek commercial car yang ikut serta yakni DFSK, KTB Fuso dan Isuzu. Selain itu 4 merek sepeda motor Honda, Suzuki, Yamaha, Viar, serta beberapa merek dari industri pendukung juga akan hadir pada GIIAS Surabaya 2019.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V

 

 



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix