GIIAS Makassar 2019 Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia Timur

11 / 09 / 2019 - in Auto Show, News

GIIAS 2019 The Series memasuki Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan menghadirkan pameran GIIAS Makassar 2019 yang berlangsung pada 11-15 September 2019 di Celebes Convention Center. Seri GIIAS tahun ini telah berlangsung di Surabaya pada Maret, Jakarta pada Juli lalu, dan akan ditutup di Kota Medan pada 23-27 Oktober 2019 mendatang.

GIIAS Makassar 2019 dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi Dan Elektronika (ILMATE) mewakili Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat mewakili Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Gaikindo atas terselenggaranya pameran otomotif ini yang saya kira (waktunya) tepat sekali, karena pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan sedang meningkat di atas tujuh persen dan inflasi turun sehingga daya beli masyarakat cukup tinggi,” kata Gubernur Sulsel dalam sambutannya.

Nurdin mengungkapkan bahwa Sulsel semakin mengerucut sebagai pintu gerbang Indonesia Timur yang terus berbenah ke arah lebih baik, dengan tingkat pertumbuhan kawasan industri yang terintegrasi di Indonesia Timur. “Penyelenggaraan pameran ini dapat menjadi ajang inspirasi bagi masyarakat Sulawesi Selatan, dan akan menjadi ajang bagi masyarakat untuk bisa melihat banyak pilihan kendaraan yang akan digunakan dengan teknologi baru ramah lingkungan,” ujarnya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyatakan keyakinannya bahawa industri otomotif Indonesia masih akan terus tumbuh, dan Sulawesi Selatan akan tetap berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan tersebut. “Kami berharap GIIAS Makassar 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia, khususnya pada semester kedua tahun 2019 ini yang kami lihat semakin positif,” ujar Nangoi.

Sementara itu, menurut Dirjen ILMATE Kemenperin, Harjanto, industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional, melalui peningkatan ekspor, investasi, dan penyerapan tenaga kerja.

“Kami berharap penyelenggaran GIIAS the Series di Makassar dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat, terkait perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan. Mengingat GIIAS telah menjadi ajang yang paling tepat bagi agen pemegang merek industri otomotif Indonesia, untuk meluncurkan dan memperkenalkan kendaraan serta teknologi terkininya,” kata Harjanto.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengungkapkan apresiasi atas Kontribusi Gaikindo yang sangat penting bagi pihaknya. “Apresiasi kami kepada Gaikindo yang telah mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia,” ujar Budi.

Nangoi menambahkan, Gaikindo juga berharap masyarakat Makassar terus memberikan dukungannya terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia, “Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami menghadirkan produk dan teknologi terbaru dari hampir semua lini industri otomotif Indonesia. Kami berharap GIIAS Makassar akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat Sulawesi, karena setiap dukungan akan memberi arti semangat pertumbuhan bagi industri otomotif,” katanya.

GIIAS Makassar 2019 menghadirkan berbagai produk dan teknologi pilihan dari delapan merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, yaitu Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, Wuling, dan Mitsubishi Fuso. Selain itu, beberapa merek sepeda motor juga ikut ditampilkan serta beberapa merek dari industri pendukung, seperti Himawan Putra, Krisbow, Wincos, dan Yuasa juga berpartisipasi dalam pameran ini.

Berbagai program juga akan menyemarakkan GIIAS Makassar 2019, seperti program annual test drive, test ride, community gathering, dan auto contest. Selain itu, GIIAS Makassar 2019 juga punya program yang bermanfaat dan menguntungkan, yakni talkshow seputar bisnis otomotif GIIAS Autopreneur.

Talkshow GIIAS Autopreneur adalah wadah berbagi ilmu dan pengalaman seputar bisnis otomotif melibatkan sejumlah pakar otomotif sebagai pembicaranya. Topik diskusi meliputi inovasi dan kreasi kendaraan, serta kiat-kiat untuk menjadi pengusaha di bidang otomotif. Pengunjung bisa mendapat insight yang bermanfaat dari para pembicara yang berlatarbelakang mulai dari pembalap, vlogger, doktor, sampai pemerhati dunia otomotif.

 

Editor: Antonius
Foto: GIIAS



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix