Gerard de Rooy dari Tim Iveco Naik Podium Juara Pertama Rally Dakar 2016

17 / 01 / 2016 - in News

Rally Dakar 2016 telah memasuki etape akhir (stage 13) dengan start dari Villa Carlos Paz di provinsi Cordoba, Argentina dan finish di kota Rosario, provinsi Santa Fe, Argentina.

Gerard de Rooy, pebalap tim Iveco ini berhasil menjuarai reli Dakar 2016, dan berhak naik podium sebagai juara pertama untuk kategori truk dengan waktu tempuh 44 jam 42 menit 3 detik di stage 13 , meski di awal lomba sempat dipimpin oleh Hans Stacey dari tim MAN.

Stacey sempat berada di posisi kedua dengan waktu tercepat saat kompetisi berlangsung, yang memungkinkannya untuk mencuri posisi keempat secara keseluruhan dari pebalap Iveco lainnya Ton van Genugten, yang harus puas di posisi kelima pada stage 13 ini lantaran mengalami masalah pada truk Iveco-nya sehingga harus kehilangan waktu tempuh 20 menit.

Sementara Peter Versluis, pebalap tim MAN asal Belanda sempat di posisi runner-up saat lomba masih berjalan 180 km, hanya berjarak sekitar 23 detik di depan pebalap tim Kamaz Eduard Nikolaev, sementara Martin Kolomy akhirnya di posisi keempat saat lomba berlangsung ketat.

Pebalap tim Kamaz Ayrat Mardeev berhasil mengambil posisi kelima untuk mengamankan podium juara kedua secara keseluruhan. Sementara Federico Villagra, pebalap tim Iveco asal Argentina yang baru pertama kalinya menggunakan truk di kejuaraan reli Dakar ini, berhasil naik podium sebagai juara tiga.

Dengan demikian, de Rooy bersama Iveco merupakan pendatang non-Kamaz satu-satunya yang memenangkan kategori truk sejak reli Dakar pindah ke Amerika Selatan delapan tahun lalu.

Berikut ini hasil akhir Stage 13 Rally Dakar 2016

Motorsport.com

Teks : Antonius S

Sumber foto Motorsport.com



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix