Gathering ILC, Ajak Pengusaha Logistik Turut Tertib Berlalu Lintas

09 / 02 / 2019 - in News
IMG_0857

Indonesia Logistics Community (ILC) adalah asosiasi pelaku usaha logistik di Indonesia. Hari Jumat kemarin(8/2) menggelar Gathering yang didukung sepenuhnya oleh Astra Isuzu Waru. Sekretariat Jenderal DPP ILC J Bachtiar Sihaloho mengatakan gathering ini merupakan pertama kali di Jawa Timur. “Kami kumpulkan semua pelaku logistik dari darat, laut hingga udara. Kami pun tidak terbatas pada jenis dan moda angkutannya. Untuk Jatim ini pertama kalinya. Gathering ini adalah agenda rutin kami, selain jadi ajang silahturahmi, karena biasanya anggota hanya berkominikasi di grup whatapps saja, sekarang bisa bertemu langsung. Dengan begini bisa saling kenal dan mempertegas slogan ‘Secangkir Kopi Sejuta Relasi,” jelasnya pada sambutan gathering bertajuk Regulasi Angkutan dan Manajemen Resiko

Bachtiar menambahkan, “Pada gathering perdana ini kami angkat tema yang berhubungan dengan moda angkutan darat. Berikutnya nanti kami akan angkat tema lain. Khusus pada kesempatan sore hari ini hadir sebagai pemateri Kepala Seksi Keselamatan Jalan Dinas Perhubuhgan Provinsi Jawa Timur Arjani Hia Putra mewakili Kadishub Jatim dan Kasat Binmas Polrestabes Surabaya Muhammad Fathoni. Karena kami memahami moda apapun tidak lepas dari jalan. Maka dari itu kami hadirkan ahli di bidang masing-masing, baik dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan, “ katanya.

Arjani mengawali materinya tentang pemahaman keselamatan dengan memberikan apresiasi kepada pengusaha logistik yang hadir. “ Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu sore ini dalam gathering ILC. Ini artinya pengusaha yang hadir disini peduli terhadap keselamatan jalan. Dalam keselamatan barang utamanya adalah memahami kondisi armada, rutin service dan uji KIR tiap 6 bulan. Ini adalah langkah awal sukses di bisnis transportasi. Selanjutnya adalah menanamkan bagaimana mengemudi yang baik kepada sopir, “ jelasnya.

Fathoni lebih menekankan pada menamamkan kesopanan berkendara di jalan. “Saling menghormati sesama pengguna jalan penting dilakukan oleh siapa saja. Mematuhi aturan dan melangkapi dokumen perjalanan untuk angkutan barang adalah modal utama keselamatan berkendara. Dan demi keamanan bersama, Saya ingatkan jika truk membawa muatan jangan ditinggal saat istirahat. Truk bermuatan yang ditinggalkan kosong bisa menciptakan tindak kriminal. Kalau ada kehilangan perusahaan juga akan rugi. Usahakan selalu ada orang yang menunggu di kendaraan dan mengawasi muatan. Istirahat atau makan bisa bergantian, “ katanya.

Acara gathering diakhiri dengan penyampaian produk Isuzu lalu ditutup dengan memberikan penghargaan kepada pemateri dan berfoto bersama.

Teks dan Foto : Sigit A

 



Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix