Gaikindo: Kelangkaan Semikonduktor Telah Diantisipasi Pelaku Industri Otomotif

26 / 04 / 2021 - in Berita

Kebijakan PPnBM telah menggerakkan dan mendorong permintaan pasar kendaraan bermotor, sehingga diperlukan penyesuaian kepasitas produksi untuk memenuhinya. Namun upaya percepatan produksi harus tetap mematuhi persyaratan dan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku.

Di sisi lain, upaya percepatan tidak dapat berlangsung secara maksimal, sehingga efek kejar-kejaran permintaan dan produksi tak terelakkan. Selain itu, keterbatasan pasokan semikonduktor secara global juga menjadi salah satu alasan terhambatnya kecepatan produksi industri otomotif di Indonesia.

Menurut Gaikindo, terjadinya kondisi production shortage secara global ini telah diantisipasi para pelaku industri otomotif dalam negeri termasuk oleh Kementerian Perindustrian, dengan meminta dukungan penuh langsung kepada pihak prinsipal masing-masing merek yang berproduksi di Indonesia.

Gaikindo yakin kondisi ini dapat segera diatasi dan dilalui oleh industri otomotif Indonesia, “Kondisi ini sudah diantisipasi dari awal diberlakukannya kebijakan PPnBM, dan saat ini seluruh lini industri otomotif Indonesia tengah fokus untuk mempercepat produksi dan memenuhi permintaan konsumen,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix