Gagalnya Mataharimall.com Jadi Pelajaran Startup Logistik

02 / 12 / 2019 - in News

On-Trucks, penyedia angkutan barang berbasis online, menilai keberadaan engineer di perusahaan startup teknologi sangat krusial demi kemudahan layanan terhadap customer yang menuntut kecepatan. Hal itu bisa terlihat dari lima besar perusahaan teknologi yang saat ini mengusai pasar Indonesia dan memiliki tim engineer yang solid.

Agar ada sinergi antara penggunaan teknologi dengan produk yang ditawarkan, Reza Ananda, VP Business and Strategic Operations PT Phos Tekno Indonesia (On-Truck) menyarankan agar seorang chief technology officer hendaknya berkolaborasi dengan product manager. Sehingga ranah strategis dalam urusan teknis dapat terealiasi dengan baik.

“Pada intinya, resource planning harus disesuaikan dengan kebutuhan dan proyeksi pengembangan perusahaan sehingga tepat guna. Kami yakin bahwa apa yang terjadi pada Mataharimall.com saat ini akan menjadi pembelajaraan yang baik bagi banyak pihak,” kata Reza.

Seperti diketahui, pendiri Lippo Group, Mochtar Riady beberapa waktu lalu membeberkan alasan kegagalan e-commerce miliknya, Mataharimall.com. Toko online ini ditutup tahun lalu setelah beroperasi tiga tahun. Dalam sebuah diskusi dirinya bercerita, gagalnya Mataharimall.com dalam bersaing dikarenakan manajemen terlalu fokus pada teknologi dan lupa soal positioning di pasar digital.

Saat masih beroperasi, Mataharimall.com mempekerjakan sekitar 300 engineer. Sayangnya, strategi bisnis tersebut dinilai Riady tidak tepat karena mengabaikan dari sisi produknya. “Saat ini kami terus melakukan harmonisasi dalam proses transisi dari logistik konvensional menjadi layanan logistik full digital. Karena banyak poin yang perlu menjadi perhatian,” ujar Reza.

Terpenting bagi On-Trucks, lanjut Reza, secara bisnis perusahaan berjalan dengan sehat serta tidak melakukan strategi bakar uang demi mengerek valuasi perusahaannya menjadi tinggi. Kini justru On-Trucks sedang membuka peluang investasi dan pendanaan kepada investor yang sepenuhnya akan digunakan hanya untuk pengembangan produk dan ekspansi ke seluruh Indonesia.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. On-Trucks



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix