Fitur Armada UD Trucks yang Menjaga Keselamatan Pengemudi dan Bisnis Perusahaan

14 / 09 / 2021 - in Berita

Seiring perkembangan teknologi pada kendaraan komersial yang semakin canggih, fitur keselamatan juga penting untuk mengurangi risiko fatalitas ketika terjadi kecelakaan. Berbicara mengenai fitur keselamatan, pada kendaraan umum dibagai menjadi dua yakni active safety dan passive safety.

“Active safety adalah fitur yang membantu mencegah terjadinya kecelakaan. Artinya ini tindakan preventif apa yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sedangakan passive safety ini membantu jika kecelakaan sudah terjadi agar risiko atau cidera tidak lebih parah, “ kata Ali Rachman Technical Quality & Competence Development Head PT UD Astra Motor Indonesia di webinar Truckmagz Learning bertajuk ‘Step by Step Pembuatan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum’ pada Selasa (14/9).

“Poin visibilitas adalah salah satu kunci untuk berkendara yang aman dalam situasi lalu lintas yang padat. Apalagi untuk memenuhi permintaan konsumen truk banyak melewati jalan jalan sempit, maka dari itu visibilitas menjadi sangat penting. Fitur pada UD Trucks adalah area kaca depan yang besar sehingga pandangan kedepan sangat lega, ditambah spion besar dengan attachment stabil dengan pelindung matahari internal,” jelas Ali.

“Juga ada lampu depan dan lampu kabut, fitur lain yang cukup membantu adalah adanya jendela tampak belakang dan tampak samping sebagai opsi di kedua kabin, untuk memperluas visibilitas depan, belakang dan samping,” kata Ali menjelaskan.

Active safety kedua yaitu mengenai rem. “ Pada unit kami, menggunakan dua tipe yaitu konvensional dan opsi anti-lock braking system (ABS) . Rem tipe konvensional pada Quester menggunakan full air brake system. Maksudnya menggunakan drum brake dan S-cam yang sudah terbukti tangguh di berbagai market termasuk Indonesia dengan kualitas dan durabilitas yang baik. S-Cam kami sudah dilengkapi automatic slack adjuster di roda depan dan belakang. Komponen ini bertugas untuk memastikan celah antara sepatu rem dan drum brake selalu dalam jarak standar. Artinya tidak memerlukan penyetelan lagi setelah mengganti sepatu rem,” tambah Ali.

Rem ABS ini akan mengurangi daya pengeraman untuk mencegah roda mengunci. ABS termasuk passive safety yang bekerja saat kendaraan direm terlalu keras. Selain itu juga unit UD Trucks dilengkapi dengan engine brake dan exhaust brake untuk mengurangi kecepatan kendaraan sehingga menghemat kanvas rem.

“Quester juga unggul dalam segi penanganan dan stabilitas dengan desain yang sama seperti truk eropa . Ini tidak hanya karena faktor geometri tapi juga interaksi antara suspensi dan desain rangka bentuk rolling yang fleksibel . Dengan konstruksi desain sasis yang tidak terlalu rigid, memungkinkan tenaga mengalir dengan lancar dari driveline ke jalan, jadi perputaran roda lebih smooth,” ujarnya.

Pada satu kondisi ada beberapa kecelakaan yang tidak bisa, fungsi passive safety ini memastikan jika terjadi kecelakaan cidera pengemudi tidak terlalu parah. “Pertama crash testing. Unit kami telah mengantongi sertifikasi ECE R29 dan Automotive Research Association of India (ARAI) frontal impact,” terang Ali.

Pada unit Quester dilengkapi juga dengan front under-run protection yang befungsi mencegah mobil penumpang terjepit dibagian bawah depan truk jika terjadi tabrak depan. Fungsinya untuk mengurangi cidera serius hingga bisa menyebabkan kematian.

“Berikutnya, side under-run protection adalah opsi pada kendaraan rigid yang meminimalkan cidera pada pengendara sepeda dan pejalan kaki jika terjadi tabrakan samping. Dan rear under-run protection yang mencegah kendaraan terjepit dibawah truk saat terjadi tabrak belakang.” tambah Ali.

“Fitur berikutnya sebagai pendukukung keselamatan adalah instrument cluster yang ditampilan pada layar 4,5 inch di dashboard kabin. Beberapa indikator yang ditampil seperti tekanan rem depan dan belakang. Ketika kontak On, pengemudi bisa langsung melihat tekanan rem dilayar, jika dibawah 5 bar sebaiknya truk tidak jalan dulu, tunggulah setidaknya mencapai diatas 8,5 bar. Tunda dulu perjalanan sampai angka menujukkan diatas standar. Ada juga informasi kapasitas BBM didalam tangki serta beberapa fitur lain yang cukup membantu pengemudi,” ujar Ali,

Tidak kalah penting adalah tools telematics untuk mendukung instrument cluster. Fungsi UD Telematics adalah untuk menaikkan uptime kendaraan, menjamin produktivitas dan durabilitas truk.lau juga menghemat penggunaan bahan bakar hingga bisa menampilan laporan penggunaan BBM setiap pengemudi untuk menambah gambaran tentang armada dan data gaya mengemudi. Berikutnya, mengurangi kejadian yang tidak terduga seperti kehabisan BBM dan perawatan yang tidak penting. Terakhir, menghemat biaya operasional.

Melalui informasi yang akurat dan update, pemilik kendaraan UD Trucks bisa meningkatkan produktivitas pengemudi, memantau armada dan menjaga keselamatan muatan dan pengemudinya, mengurangi pekerjaan administratif, serta mengatur biaya BBM.

Editor : Sigit

Foto : UD Trucks Astra Motor Indonesia



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix