Finalisasi Proyek Kanal CBL Tunggu Perpres

17 / 04 / 2017 - in News
13334710162087

PT Pelabuhan Indonesia II menunggu Peraturan Presiden (Perpres) untuk finalisasi proyek inland waterways atau proyek Cikarang Bekasi Laut (CBL) yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional. Adanya Perpres tersebut diharapkan implementasinya bisa cepat dan baik karena ini menyangkut Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bekasi. Perpres tersebut juga berfungsi untuk penugasan ke Pelindo II terkait proyek yang diperkirakan bernilai Rp 4 triliun itu.

“Proyek ini merupakan proyek nasional, hanya tinggal menunggu terbitnya Peraturan Presiden saja. Kita harapkan 2017 sudah ground breaking untuk dimulai pembuatannya, dan diselesaikan pada 2019. Kendala lain, proyek ini perlu dilakukan pengerukan sepanjang jalur yang dilewati, karena nanti sekali pengangkutan kapal akan bisa memuat hingga 100 kontainer,” terang David P Sirait, Vice President Operations PT Pelabuhan Indonesia II.

Konsep Kanal CBL ini menurut Pelindo II adalah terminal yang akan menjadi satu dengan pelabuhan darat (dry port) Cikarang.Dalam rancangan Pelindo II, kanalnya selebar 70 meter dengan kedalaman sekitar lima meter. Lebar kanal tersebut dibuat dengan tujuan agar bisa dilewati dua kapal tongkang. Selain berfungsi mengurangi beban Pelabuhan Tanjung Priok dan menekan biaya logistik, pembangunan Kanal CBL diklaim mampu mengurangi banjir di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Gagasan pengembangan pembangunan waterway sudah dicetuskan Pelindo II sejak awal tahun 2015. Sistem transportasi ini akan memanfaatkan kali CBL melalui Marunda dengan panjang sejauh 40 kilometer (km). Nanti di Cikarang akan dibangun dermaga untuk tempat kapal bersandar. Kemudian, untuk menuju kawasan industri akan dibangun railway. Sistem angkutan sungai ini diharapkan bisa digunakan kapal tongkang dengan kapasitas muatan 100 kontainer.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix