Fakta Kendaraan yang Boleh Beroperasi Selama Larangan Mudik 2021

26 / 04 / 2021 - in Berita

Selama larangan mudik yang berlaku efektif mulai 6 Mei hingga 17 Mei, beberapa operasional menggunakan kendaraan bermotor masih diperbolehkan untuk melakukan aktivitas.

Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, yang tertandatangani Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sesuai pasal 3 ayat 1 PM 13/2021 menyatakan larangan pengoperasian kendaraan bermotor dikecualikan untuk:
1. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara.
2. Kendaraan dinas operasional dengan TNKB dinas aparatur sipil negara, TNI, dan Polri yang digunakan untuk melakukan dinas.
3. Kendaraan dinas operasional petugas jalan tol.
4. Kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah.
5. Mobil barang dengan tidak membawa penumpang.
6. Kendaraan pengangkut obat-obatan dan alat kesehatan (alkes).
7. Kendaraan yang digunakan untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik, seperti kendaraan untuk bekerja/perjalanan dinas, kunjungan sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil didampingi satu orang anggota keluarga, kepentingan persalinan didampingi paling banyak dua orang, dan pelayanan kesehatan darurat/kepentingan nonmudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat.
8. Kendaraan pengangkut repatriasi pekerja migran Indonesia, WNI telantar, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
9. Kendaraan operasional lainnya berdasarkan pertimbangan petugas pengatur lalu lintas.

Pengecualian juga berlaku untuk pengoperasian kapal angkutan sungai, danau, dan penyeberangan yang mengangkut kendaraan angkutan barang; kendaraan pengangkut obat-obatan dan alkes; kendaraan pengangkut petugas operasional pemerintah dan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19; atau kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah.

Peraturan Menteri Perhubungan ini berlaku efektif sejak diundangkan pada 12 April 2021.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix