Empat Dekade Pikap Mitsubishi

17 / 09 / 2018 - in Berita

Pikap Mitsubishi

Genap empat dekade, Mitsubishi Motors Corporation, perusahaan otomotif global yang berpusat di Tokyo, Jepang, telah melahirkan lima generasi kendaraan pikap yang hingga kini tetap eksis di pasar otomotif segmen light commercial vehicle (LCV) dengan GVW di bawah 5 ton.

Tonggak sejarah dimulai pada September 1978 sebagai kelahiran generasi pertama dengan nama Forte (khusus pasar domestik Jepang saat itu). Sementara untuk pasar di luar Jepang, pikap kelas 1 ton pertama dari Mitsubishi ini diekspor dengan nama Mitsubishi Truck dan L200. Di tahun yang sama, ekspor ke Amerika Utara dimulai pada bulan Oktober karena tingginya permintaan akan kendaraan truk pikap kecil di wilayah tersebut pada waktu itu. Saat ini model pikap ini telah berganti nama menjadi Triton di banyak pasar dan memberikan dampak signifikan pada bisnis global Mitsubishi Motors.

Pikap Mitsubishi
Generasi pertama

Nama Forte sendiri diambil dari bahasa Italia yang bermakna ‘kuat’. Prototipe kendaraan ini melewati serangkaian uji ketangguhan yang dilakukan di Amerika Utara, Thailand, dan Arab Saudi untuk memastikan keandalannya. Sekitar 657.000 unit kendaraan diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan sebagian diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand.

Desain Forte mengambil platform dari sedan kompak Mitsubishi Galant Σ, dengan model bonnet yang panjang berikut empat lampu depan berbentuk bulat, serta penggunaan air-dam untuk pertama kalinya pada jenis truk. Sumber tenaga dimodali mesin bensin 2.0 liter dan 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara, dan mesin bensin 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lainnya. Mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk ekspor umum.

Dimensi Forte mempunyai lebar 1.360 mm dan wheelbase 2.780 mm. Rangka yang digunakan tergolong canggih untuk sebuah kendaraan komersial saat itu, dengan rem cakram pada roda depan berikut suspensi depan model double wishbone/coil spring, dan pada bagian belakang mengandalkan per daun serta rigid axle.

Pengalaman bertahun-tahun memproduksi Jeep akhirnya membuat Mitsubishi Motors membangun kendaraan four-wheel-drive (4WD) dengan menambahkan versi 4×4 yang punya sistem 4WD part-time pada Oktober 1980. Model ini lah yang menjadi cikal-bakal dari kendaraan 4WD Mitsubishi Motors seperti Pajero/Montero dan Delica.

Generasi kedua lahir pada Maret 1986 dengan ubahan total dan diperkenalkan dengan nama Strada untuk pasar Jepang (khusus Double Cab). Model ini juga dikenal dengan nama Mighty Max di Amerika Utara, Triton di Australia, dan L200 di region lain. Di Amerika Utara, model ini juga dijual oleh Dodge dengan nama RAM 50.

Pikap Mitsubishi
Generasi kedua

Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan meliputi single cab dengan pilihan sasis pendek dan panjang, club cab, serta double cab. Pilihan penggerak tersedia versi 2WD dan 4WD dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter dan 2.6 liter, serta diesel 2.5 liter. Selain itu, sisi eksterior mendapat ubahan melalui desain grille depan yang baru dan beberapa ubahan detail lainnya. Secara total, model generasi kedua ini diproduksi sekitar 1.146.000 unit di pabrik Ohe di Jepang dan pabrik Laem Chabang di Thailand.

Tahun 1995 lahirlah generasi ketiga pikap Mitsubishi bernama Strada/L200 dan mulai diproduksi pada November 1995, yang dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang, Thailand untuk ekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan, dan produksi total sekitar 1.046.000 kendaraan untuk pasar global.

Pikap Mitsubishi
Generasi ketiga

Model ini diposisikan sebagai kendaraan dengan kapasitas lima penumpang yang dapat diandalkan untuk kegiatan rekreasi maupun komersil. Tenaga dan kemampuan off-road ditingkatkan melalui penggunaan mesin turbodiesel 2.5 liter intercooled dan fitur baru Easy Select 4WD. Strada/L200 dijual di Thailand, Eropa, Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Generasi Keempat muncul pada Agustus 2005. Model dengan nama Triton/L200 ini mendapatkan ubahan total setelah diperkenalkan di Thailand pada 2005 dan diekspor secara bertahap hingga mencapai 150 negara, dan menjadi model penting bagi strategi global Mitsubishi Motors. Total sekitar 1.423.000 kendaraan generasi keempat ini diproduksi.

Pikap Mitsubishi
Generasi keempat

Triton/L200 dikembangkan dengan beberapa fitur utama untuk menembus pasar global. Fitur yang menjadi ciri khas model generasi keempat ini antara lain desain interior dan eksterior yang menunjukkan cita rasa sporty dan stylish, dengan tiga pilihan model bodi yaitu single cab, club cab, dan double cab. Triton/L200 juga menghilangkan kesan kendaraan pikap hanya dapat digunakan sebagai kendaraan komersial. Hal ini pun memperluas basis konsumen pikap Mitsubishi Motors secara signifikan.

Mesin diesel bawaan Triton/L200 mengadopsi pengembangan terbaru dengan sitem direct injection common rail, dan tersedia dalam pilihan diesel 2.5 liter dan 3.2 liter dengan penggerak 2WD dan 4WD (Super Select 4WD dan Easy Select 4WD). Partisipasinya pada kejuaraan rally Dakar dan kompetisi lainnya telah membuktikan performa off road kendaraan ini.

Pada November 2014, generasi kelima Triton/L200 hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Peningkatan penggunaan dan daya tahan untuk kebutuhan komersial, kesan sporty yang mudah dan menyenangkan untuk dikendarai, kualitas yang memuaskan konsumen, dan kenyamanan bagi seluruh penumpang merupakan aspek yang diwujudkan pada LCV Mitsubishi dengan konsep ‘ultimate sport utility truck’ ini.

Pikap Mitsubishi
Generasi kelima

Sama seperti generasi sebelumnya, tiga opsi kabin ditawarkan bagi konsumennya. Mesin 2.5 liter turbodiesel dan 2.4 liter bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.4 liter MIVEC ‘clean’ turbodiesel. Mesin ini mampu memberikan performa luar biasa dengan keiritan konsumsi bahan bakar terbaik dan emisi CO2 yang rendah.

Pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan mode sport juga ditawarkan untuk pertama kalinya pada generasi kelima ini. Selain itu, fitur Easy Select 4WD tersedia dalam tiga posisi yakni 2H, 4H, 4L untuk memberikan traksi maksimal sesuai dengan kontur dan kondisi jalan. Sedangkan fitur Super Select 4WD-II dihadirkan dengan electronic actuator. Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan termasuk versi standar, serta versi High Rider yang memiliki ground clearance sama dengan varian 4WD untuk pemakaian di medan yang rusak.

 

Editor: Antonius
Foto: Mitsubishi Motors



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix