Dongkrak Tampilan Pelek, Begini Cara Merawatnya

21 / 05 / 2020 - in Berita, Tips & Trik

Berbeda dengan di Eropa maupun Amerika, jumlah mobil mania yang gemar mengutak atik tampilan mobilnya di Indonesia tergolong sangat banyak. Jumlah modifikatornya pun bertebaran dimana-mana, bahkan banyak diantara mereka yang tidak memperhatikan aspek safety dan fungsional, hanya estetikanya saja.

Hal ini mungkin ada kaitannya dengan regulasi pemerintah yang tidak mensyaratkan KIR untuk mobil pribadi di Indonesia, berbeda dengan yang disyaratkan sangat ketat oleh pemerintah disana. Untuk mendongkrak tampilan luar sebuah mobil yang paling berpengaruh selain memasang spoiler, air dam dan side skirt adalah merombak bagian rodanya, yaitu ban dan velg nya.

Pilihan model dan jenis velg nya pun sangat beragam, mulai dari type monoblock, spoke, fin dan wire dalam berbagai ukuran. Warnanya pun sangat bervarisasi, ada yang buffing, polish, full paint, chrome, bahkan anodize. Untuk perawatannya pun ada bermacam-macam cara, tergantung jenis finishing-nya.

Untuk velg dengan finishing model buffing dan polish biasanya masalah yang timbul adalah oksidasi seperti infeksi jamur kulit (panu). Metode yang digunakan untuk mengatasi ini ada cara tradisional yaitu digosok pakai asam cuka dan cara modern yaitu dengan disemprot iron remover.

Kemudian untuk velg dengan finishing model full painting dan anodize biasanya masalah yang timbul adalah yellowing, untuk mengatasinya digunakan wheel and tire cleaner. Sedangkan untuk velg dengan metode finishing model chrome masalah yang sering timbul adalah goresan yang membuatnya kusam atau mengelupas.

Cara mengatasinya adalah melakukan perawatan dengan chrome polish dan dust remover. Namun ada juga yang membedaki velg chrome nya dengan bedak bayi agar lebih mengkilap.

Oleh

BAMBANG WIDJANARKO NOTONEGORO
Independent Tire & Rim Consultant
Wakil Ketua APTRINDO JATENG & DIY

Editor : Sigit



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix