Dishub DKI Jakarta Minta Aptrindo Mendata Ulang Truk Usia 10-20 Tahun

13 / 03 / 2016 - in Berita
truk bekas

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta berencana akan membuat peraturan yang mengatur tentang usia pakai truk di Jakarta, sebagai turunan dari Peraturan Daerah (Perda) No.5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

Menurut Jimmy Ruslim, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DKI Jakarta, aturan berupa Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur tentang usia pakai truk di Jakarta itu, sesuai dengan hasil pertemuan antara pengurus DPD Aptrindo DKI Jakarta dengan Andri Yansyah selaku Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi DKI Jakarta pada 7 Maret 2016 lalu.

Dalam pertemuan itu, menurut Jimmy, Kadishub Provinsi DKI Jakarta meminta Aptrindo untuk menyerahkan data-data terkait jumlah armada truk beserta usia kendaraan yang beroperasi di Ibu Kota saat ini, yang usianya antara 10-20 tahun termasuk truk dengan usia pakai di atas 20 tahun.

Khusus untuk truk yang usianya 10-20 tahun, Dishub Provinsi DKI Jakarta akan mengajukannya kepada Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta, supaya kartu izin usaha (KIU) perusahaan yang memiliki armada berusia 10-20 tahun tetap dapat diperpanjang.

Untuk itu Aptrindo mengimbau kepada seluruh pemilik atau perusahaan truk angkutan barang yang beroperasi di wilayah Ibu Kota, untuk segera melakukan registrasi ulang seluruh armadanya yang masih beroperasi. Hal ini bertujuan sebagai bahan masukan kepada Dishub Provinsi DKI Jakarta dalam penyusunan Pergub DKI Jakarta sebagai turunan dari Perda No.5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

Teks : Antonius S

Foto : Pebri Santoso



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix