Dirut Pertamina: Pasokan BBM dan Gas Sangat Aman

14 / 09 / 2020 - in Berita

Indonesia telah menghadapi situasi pandemi Covid-19 lebih dari enam bulan. Kondisi ini tentunya berdampak pada sistem pasokan bahan bakar minyak (BBM), sebagai salah satu faktor penunjang aktivitas perekonomian. PT Pertamina (Persero) pun mengakui bahwa dampak pandemi Covid-19 telah memicu adanya tiga tekanan atau triple shock.

“Kami mengalami triple shock. Pertama karena demand turun drastis, secara nasional demand turun 25 persen. Untuk daerah-daerah yang terkena PSBB itu turunnya sampai 57 persen. Kedua karena harga minyak dunia juga turun kan sekarang, sehingga terjadi oversupply. Dan ketiga karena depresiasi rupiah,” kata Nicke Widyawati, Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Senin (14/9).

Tiga dampak yang disebutkan Nicke tadi menjadi pukulan bagi Pertamina, “Namun sebagai satu-satunya perusahaan milik negara yang bergerak dalam oil and gas, tentu kami menjalankan kewajiban dengan menyediakan energi baik BBM maupun LPG dan juga pasokan gas untuk industri dan rumah tangga,” tambahnya.

Seperti diketahui bahwa pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia, seluruh fasilitas Pertamina tetap berjalan meskipun di daerah yang ditutup akibat PSBB. “Hulu tetap kami operasikan. Jadi dalam semester satu ini, kami menghasilkan produksi 884 juta barrel per day equivalent, dan seluruh kilang-kilang pertamina dioperasikan sehingga produksi BBM juga tetap. Dengan demikian impor bisa kita turunkan,” ujar Nicke menjelaskan.

Nicke menegaskan bahwa seluruh fasilitas milik Pertamina tetap beroperasi selama pandemi Covid-19. “SPBU Pertamina semuanya buka karena kami melibatkan tenaga kerja langsung sekitar 1,2 juta orang. Jadi dalam kondisi sulit ini, kalau kemudian fasilitas dan operasionalnya ditutup tentu akan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja yang akan lebih menyulitkan masyarakat,” katanya lagi.

“Oleh karena itu, seluruh fasilitas Pertamina tetap dioperasikan sehingga pasokan sangat aman. Malah sekarang kita punya stok banyak sekali di dalam storage-storage kita baik untuk BBM, crude (crude oil) maupun LPG. Jadi aman pasokannya,” ujarnya.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix