Digital Logistik Tingkatkan Utilitas Truk

28 / 10 / 2017 - in News
Utilitas Truk

Gencarnya penggunaan teknologi informasi dalam industri logistik mengubah model bisnis yang tak mengandalkan aset. Terbukti dominasi pasar kurir baru bisa dinikmati enam  perusahaan kurir yang telah melakukan digitalisasi model bisnisnya dari sekitar  200 perusahaan kurir di Indonesia. Fakta lain menunjukan sekitar 35 persen pangsa kurir di Jabodetak tiga tahun justru diambil alih  GoJek, sebuah platform yang bukan perusahaan kurir.

“Sekarang eranya sharing economy, eranya kolaborasi. Dulu kita bisa bangga punya jaringan terluas, armada banyak, gudang kapasitas besar. Tapi dengan eranya serba digital begini perusahaan yang hanya mengandalkan aset tanpa melakukan digitalisasi kedepan pelan-pelan pasti kalah bersaing,” ujar Yuzon Erman, Chief Executive Officer PT Pos Logistik Indonesia dalam diskusi bertema Digital Logistik di Jakarta, Sabtu (28/Okt).

Pentingya digitalisasi logistik rupanya turut menjadi perhatian PT Semen Indonesia. Perusahaan produsen semen ini dalam kegiatan logistiknya seringkali  kesulitan mendapatkan truk dalam distribusi. Padahal Semen Indonesia telah bermitra dengan sekitar 100 transporter di seluruh Indonesia tapi masih saja kekurangan.

“Masalah lain, Semen Indonesia seringkali tidak mengetahui posisi barang sekalipun semua transporter telah menggunakan FMS  (fleet management system). Persoalannya masing-masing transporter memiliki TMS berbeda-beda,” kata Adel Rahadi, Chief Executive Officer PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, anak perusahaan Semen Indonesia.

Adel menambahkan, padahal fakta lain menunjukan dari total populasi truk di Indonesia hanya sekitar 60 persen yang terutilisasi. Kondisi tersebut menunjukan tidak bertemunya antara kebutuhan distribusi dengan pemilik armada. Oleh karenanya dibutuhkan platform digital yang bisa mempertemukan keduanya minimal di lingkup perusahaan BUMN.

Semen Indonesia, kata Adel, sejak pertengahan tahun lalu telah memilih platform digital yakni e-pool. Platform ini selain untuk internal juga telah secara bertahap mengajak BUMN lain seperti Pupuk Kaltim. Semen Indonesia menargetkan melalui e-pool, utilitas truk akan menjadi tinggi sehingga membuat ongkos angkut menjadi murah.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix